Tahun 2018 Kabupaten Pati,Bakal Gelar Pilkades Serentak

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Pilkades serentak di Kabupaten Pati Tahun 2018 rencana akan diikuti 55 Desa dari beberapa kecamatan se-Kabupaten Pati.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pati, Haryanto beberapa pada rapat bersama dengan Forkopimda pada Kamis (16/11) di Ruang Pragolo Setda Pati.

Bupati juga mengatakan, pihaknya akan membentuk tim kecil untuk membahas perencanaan pelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak.

TRENDING :  Bantuan Komputer Kepada Perpustakaan Desa

“Untuk pelaksanaan pilkades serentak di 2018 mendatang, sampai sejauh ini masih dalam tahap perencanaan, belum menjadi sebuah keputusan. Tentunya, nanti akan kita rapatkan lagi lebih matang terkait hal ini. Dalam hal ini, kita masih bahas persiapannya,” ujar bupati.

Dirinya menegaskan, meski jadwal untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa merupakan kewenangan dirinya, namun, hal tersebut tidak serta merta bisa diputuskan secara sembarangan.

TRENDING :  Maling Burung Dicomot Warga Muktiharjo

Pihaknya, dalam hal ini juga akan melihat jumlah kekosongan jabatan kepala desa dengan jeda waktu antar kekosongan dengan pemilihan kepala desa tersebut.

Hal itu, katanya, agar tidak terlalu lama pengisian penjabat (Pj) kepala desa. Namun, diperkirakan, untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak akan dilakukan pada akhir 2018 mendatang.

TRENDING :  Peringatan Hari Nusantara 2016 Pati, laksanakan di Kecamatan Dukuhsekti

“Jadi, nanti kepala desa yang jabatannya habis pada 2019, bisa mengikuti pelaksanaan pilkades serentak di 2018. Sehingga, ketika terpilih bisa langsung dilantik pada masa bakti 2018,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk tahap pertama di 2018, lebih sedikit dibandingkan pada tahun 2020 berikutnya. “Untuk tahun berikutnya bisa lebih banyak lagi, pun demikian tahun berikutnya lagi,” pungkasnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :