Tahun 2020 Tren Kriminalitas Turun, Prosentase Ungkap Kasus Meningkat

oleh -3 views
Jumpa pers progres pengungkapan kasus akhir tahun 2020 oleh Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma didampingi Wakapolres Kompol Eko Rubiyanto di aula Mapolres Kudus (foto: YM)

Kudus, isknews.com – Polres Kudus mengungkap sebanyak 1352 kasus kriminal sepanjang 2020. Kasus kriminal yang terbanyak diungkap adalah kasus pencurian dengan pemberatan (curat).

Hal itu disampaikan Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma saat gelar jumpa pers jelang akhir tahun bersama wakapolres Kompol Eko Rubiyanto yang digelar di Aula Mapolres Kudus, siang tadi, Kamis (31/12/2020).

Menurutnya, total kasus tindak pidana disepanjang tahun 2020 jika dibandingkan di tahun 2019 lalu, trennya menurun. Tahun sebelumnya ada 196 kasus yang dilaporkan.

Selama tahun 2020, Polres Kudus berhasil mecatat ada sebanyak 156 kasus tindak kriminalitas yang dilaporkan masyarakat di Kota Kretek. Dari jumlah tersebut, Satresktim Polres Kudus beserta polsek jajaran berhasil mengungkap sebanyak 135 kasus atau sebanyak 86,5 persen.

“Tren kriminalitas menurun sekitar 40 kasus. Namun untuk peresentase pengungkapannya naik. Tahun 2019 sebanyak 80,1 persen. Sedangkan ini 86,5 persen,” katanya, saat konferensi pers, Kamis (31/12/2020).

Dari ratusan kasus tersebut, kasus yang mendominasi yakni tindak pidana pencurian dengan pemberatan (currat) sebanyak 21 kasus. Polisi sudah berhsail mengungkap 16 kasus di antaranya.

“Curranmor ada 16 kasus, delapan kasus berhasil diungkap. Kemudian penipuan ada 11 kasus, delapan kasus di antaranya juga berhasil diungkap dan beberapa kasus lain seperti curras, pembunuhan, hingga penganiayaan berat,” ungkapnya.

Di jangka waktu satu tahun terakhir ini beberapa kasus kriminalitas yang menonjol dan sempat menggegerkan masyarakat Kudus, juga berhasil diungkap polisi dengan waktu yang cukup singkat.

Seperti, kasus pembunuhan seorang perempuan di Hotel Mahkota Kudus pada akhir Oktober 2020 lalu. Hanya dalam waktu beberapa jam saja, Satreskrim Polres Kudus berhasil meringkus tersangka.

Selain itu, kawanan perampok yang berhasil menggasak harta seorang pengusaha di Jalan Ahmad Yani Kudus juga berhasil diringkus Satreskrim Polres Kudus, dan Polda Jateng dalam kurun waktu kurang lebih 11 hari.

“Ada juga spesialis pencurian kabel Telkom yang beraksi di Jalan Kudus-Purwodadi, awal Juni lalu. Lima orang tersangka berhasil kami amankan,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :