Tak Hanya Siswa, AKM Juga Diikuti Guru

oleh -211 kali dibaca
Foto: Dokumentas SMP IT Qolsaba

Kudus, isknews.com – Kementerian pendidikan dan kebudayaan, meluncurkan program yang cukup heboh dimata para guru di Indonesia, yakni AKM guru. Singkatan dari Assesmen Kompetensi Minimal  bagi guru. Sama dengan apa yang diluncurkan juga oleh para peserta didik, yakni AKM siswa.

Rabu, (4/3/2020) Pukul 9.00 WIB mundur dari perkiraan pukul 07.30 karena menunggu token dari pusat, Guru SMP IT Qolsaba Al Muayyad yang terletak di Jati Wetan Kecamatan JAti Kudus ini mengikuti AKM.

Sejak mulai Senin s.d Selasa 2-3 Maret 2020 diadakan Gladi bersih UNBK untuk siswa kelas 9 untuk Mapel Bahasa Inggris, kemudian hari kedua mapel Matematika dan dilanjutkan  juga ditambah ujicoba AKM (Asesmen Kompetensi Mininal) yang disebut sebagai pengganti unas pada tahun 2021.Ujicoba ini, selain diikuti siswa juga guru.

“AKM tak hanya untuk siswa, tapi guru. Untuk guru jadwalnya pada Rabu (04/3/2020) selama dua jam,” jelas Syaifuddin Najib, selaku Kepala Sekolah SMP IT Qolsaba Al Muayyad.

Ia menyatakan, seluruh guru mapel umum dan agama berjumlah 7 orang pihaknya mewajibkan untuk ikut ujicoba AKM agar bisa mengetahui bagaimana AKM itu, tuturnya. Ia mewajibkan seluruh guru ikut, tidak hanya guru Mapel Unas saja, akan tetapi Mapel Non Unas juga saya ikutkan.

Dalam AKM juga ada Numerik, penalaran dan survei karakter. Namun dikatakan mungkin yang akan sulit adalah memberikan penilaian untuk karakter religius. Karena sulit mengukurnya.

Semua ujicoba dilaksanakan oleh Puspendik Kemendikbud.”Untuk AKM gak ada kisi-kisinya untuk ujicoba. Jadi ya mengalir saja dijalani,” kata dia.

“Sekarang tidak ada USBN, jadi dilaksanakan satuan pendidikannya, Ini adalah bagian dari program Merdeka Belajar yang digagas Mendikbud Nadiem Makarim. Sehingga soalnya dari Guru dalam satuan pendidikan lembaganya masing-masing yang membuat. POS US sudah dirumuskan oleh pengawas dari Diknas Kabupaten sebagai acuan nanti dalam pembuatan soal-soal US tahun 2020,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :