Tanggul Darurat Dibangun, Target Hari ini Selesai

oleh -116 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sebagai upaya untuk menghentikan luapan air di Dukuh Goleng Desa Pasuruhan Lor, Dukuh Setro dan Karangturi di Desa Setrokalangan Kudus, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) bersama sejumlah warga dan relawan di Kabupaten Kudus memproses pembuatan tanggul darurat di titik jebolnya tanggul Kali Gelis di Dukuh Goleng. Proses mulai pembangunan darurat dilakukan sejak hari Minggu (3/1/2021) kemarin.

Pengawas Lapangan dari BBWS Nisar Suci Raharjo mengatakan, pihaknya merancang tanggul darurat (sementara) dengan menggunakan pagar bambu sekaligus diperkuat dengan sandbag dan geobag.

Pihaknya menargetkan pembangunan tanggul darurat itu bisa diselesaikan di hari ini juga. Sehingga banjir yang menggenangi permukiman dan persawahan bisa segera surut.  “Target hari ini pembuatan tanggul darurat selesai,” harapnya

Ia menambahkan, pengadaan lanah urukan serta akses jalan yang cuma memiliki satu akses jalan menjadi kendalanya. Solusinya, tanah diambilkan dari bantaran sungai

Masih di tempat yang sama, Direktur Sungai dan Pantai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bob Arthur Lombogia mengatakan dibuatnya tanggul darurat sifatnya hanya sementara, hal itu sebagai upaya menghentikan meluasnya banjir. Sebelum nantinya dibuat tanggul permanen.

“kita bangun tanggul darurat dulu sebelum kita buat permanen,” katanya saat meninjau lokasi. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :