Tekan Angka Penularan Covid-19, Puskesmas Jati Gelar Vaksinasi

oleh -787 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Guna mencegah penularan virus corona (covid-19) lebih luas lagi, Pemerintah Kabupaten Kudus melalui UPTD Puskesmas di sembilan kecamatan untuk menggelar kegiatan vaksinasi gratis bagi masyarakat umum. Hal ini juga demi menjaga kekebalan tubuh sekaligus menekan resiko penularan virus corona (covid-19).

Hal tersebut pun ikut disukseskan pula oleh UPTD Puskesmas Kecamatan Jati menggelar kegiatan vaksinasi terhadap warga di 8 wilayah kerja puskesmas setempat.

Kepala Puskesmas Jati Amad Mohamad menyampaikan, vaksinasi kali dilakukan dengan menyasar masyarakat umum. Kuota yang diberikan kepada masing-masing desa sekitar 100 orang. Meliputi warga yang berusia 18 tahun keatas.

“Tetap yang kami prioritaskan yang lansia, yang usia nya 50 tahun ke atas,” kata Amad, Selasa (15/06).

Adapun delapan wilayah kerja tersebut, antara lain Desa Jati Kulon, Loram Kulon, Pasuruhan Lor, Pasuruhan Kidul, Tanjungkarang, Jetiskapuan, Jati Wetan dan Ploso.

Hari kedua pelaksanaan vaksinasi, lanjut Amad, yang di lakukan di Balai Desa Jati Kulon, Kecamatan Jati, berjalan dengan lancar. “Belum ada penolakan untuk vaksinasi hingga hari kedua hari ini, berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Diharapkan, vaksinasi gratis yang difasilitaskan kepada warga ini bisa dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga, pencegahan penularan bisa ditekan secara optimal.

“Harapannya ya secepatnya kita laksanakan vaksinasi ini secara menyeluruh, kita maksimalkan, dan herd imunity harapannya bisa segera tercapai,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jati Kulon, Hery Supriyanto, mengatakan, pelaksanaan vaksin ini penting untuk dilakukan demi menekan penyebaran covid-19. Oleh karena itu, pihaknya meminta agar jatah yang diberikan oleh Puskesmas Jati bisa dimanfaatkan secara optimal.

Apalagi, kasus covid-19 di Kabupaten Kudus masih fluktuatif. Yang mana, Desa Jati Kulon sendiri saat ini masih masuk dalam kategori zona orange, dengan 19 warga yang masih dinyatakan positif terpapar covid-19.

“Yang isolasi mandiri di rumah ada 9 orang, yang dirawat di Rumah Sakit ada 6 orang, sementara yang kita kirim ke Asrama Haji Donohudan ada 4 orang,” tuturnya.

Sehingga, pihaknya mengimbau agar warganya bisa ikut mensukseskan pelaksanaan kegiatan vaksinasi serentak yang dilakukan masing-masing puskesmas. Agar kasus covid-19 di Kabupaten Kudus bisa segera mereda.

“Tidak usah takut di vaksin, demi kesehatan kita dan oran-orang di sekitar kita,” pesannya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :