Deteksi Dini Tekan Penyebaran HIV/AIDS, Dinkes Kudus Lakukan Mobile VCT

oleh -62 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Dersalam bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kudus dan LSM kauman mengadakan Program Mobile VCT (Voluntary Counselling and Testing) deteksi dini HIV/AIDS di Desa Pedawang Kudus, Senin (23/11/2020) malam.  

Menurut Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan kabupaten Kudus. Nuryanto, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengetahui warga yang terjangkit HIV/AIDS, mencegah terjadinya penyebaran HIV/AIDS, serta memberi pengetahuan tentang manfaat diselenggarakannya VCT.

“Dalam kegiatan yang dilakukan diluar tempat layanan itu, petugas memberikan konseling dan pengambilan sampel darah untuk diperiksa. Keigatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mendeteksi HIV/AIDS sejak dini,” paparnya.

Dalam kegiatan tersebut, mendapati sasaran 15 orang. Baik rapid HIV, Hepatitis, Syphilis dan semua non Reaktif atau negative, “Malam ini dari 15 sasaran, Hasilnya negatif semua. Ini kan pada prinsipnya untuk mengantisipasi jangan sampai yang di dalam terjangkit HIV/Aids, kalau memang ada akan kami fasilitasi untuk pengobatan,” terangnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :