Temuan Goa Di Patiayam, Kades : Diduga Peninggalan Jepang

oleh -4.259 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Temuan goa dengan ukuran lebar 2,5 meter dengan panjang 5,5 meter berada tepat di depan Surau Gondhang Pandean yang jaraknya kurang lebih 50 meter. Hal itu disampaikan Supeno Kepala Desa Terban, Kecamatan Jekulo, kepada isknews.com (05/09/2021).

Supeno Kepala Desa Terban pimpin langsung pembersihan Temuan Goa yang di duga peninggalan Jepang (foto : istimewa )

Supeno mengatakan menurutnya goa tersebut masuk dalam kategori goa peninggalan penjajahan Jepang kala itu,

“Menurut saya goa tersebut kategori goa intai, karena tidak jauh dari goa ada jalan Daendles yang menghubungkan Kudus-Pati, yang saat ini jalan Dukuh Kancilan-Sukobubuk. Lepas dari itu, struktur goa setelah kebuka itu goa peninggalan jaman Jepang,” papar Supeno.

Beliau juga menambahkan, “Di pegunungan Patiayam ini sebenarnya masih banyak goa-goa yang tertutup sejak puluhan tahun yg lalu, hanya saja belum terekspos 1 persatu,” tambahannya.

Tak hanya itu, Supeno beranggapan bahwa kembali ke sejarah, di Desa Terban ini masih cukup banyak peninggalan yang belum terjamah manusia di sekitar,

“Waktu reformasi hutan dijarah habis, proses Perhutani menjadi Perhutanan Sosial banyak goa-goa yang tertutup karena yang dulunya hutan menjadi ladang pertanian, jadi warga masih ingat betul ada banyak goa yang tertutup di pegunungan Patiayam saat ini.” tandasnya. (Mr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :