Terbatas, Terminal Induk Jati Kudus Sediakan Tes GeNose Gratis

oleh -708 kali dibaca
Terbatas, Terminal Induk Jati Kudus Sediakan Tes GeNose Gratis

Kudus, isknews.com – Terminal Induk Tipe A Jati Kudus menyiapkan layanan tes GeNose Covid-19 bagi penumpang bus yang datang dari luar kota maupun akan ke luar kota.

Tes GeNose yang disediakan di Terminal Induk Tipe A Jati Kudus tidak dipungut biaya alias gratis bagi setiap calon penumpang. Namun, ketersediaan tes GeNose tersebut cukup terbatas hanya tersedia 10 orang saja setiap harinya.

Hal ini disampaikan oleh, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Induk Jati Kudus Indarto mengungkapkan, bahwa dalam sehari, hanya mampu melayani 10 orang saja. Sebab, terminal Jati sendiri hanya mendapat jatah 300 buah kantong oksigen untuk tes GeNose.

“Total kita punya 300 kantong untuk wadah oksigen. Kita sistemnya acak, jadi setiap hari 10 saja yang kita tes,” kata Indarto, Rabu (28/4/2021).

Layanam ini, kata Indarto sudah mulai dilakukan sejak tanggal 17 April 2021 lalu. Dan akan berlangsung selama satu bulan penuh.

Dengan adanya tes GeNose gartis ini, pihaknya berharap bisa mengetahui kondisi pemudik sebelum bepergian. Apakah ada yang terpapar virus covid-19 ataukah tidak.

“Sejauh ini belum ada yang positif. Semoga saja ya tidak ada, ” katanya.

Untuk pelayanannya sendiri, kata Indarto hanya bisa diikuti oleh mereka yang sudah memiliki KTP. Sebab, syarat untul tes GeNose adalah dengan menunjukkan KTP aslinya.

Sedangkan untuk waktu pelayanan, hanya dibuka di bawah pukul 11.00 WIB. Menghindari suhu udara yang terkadang terlalu panas atau terlalu dingin.

“Sebelum di tes mereka minimal satu jam sebelumnya tidak boleh makan, minum, merokok, atau ngopi. Jadi waktu Ramadan ini bisa berjalan dengan baik, ” imbuhnya.

Dari pantauan Indarto, Ramadan yang sudah berjalan selama dua minggu ini, tidak terlihat kenaikan pemudik. Semuanya masih signifikan. Bisa dibilang sedikit, hanya sekitar 30 pemudik yang turun di terminal Jati setiap harinya.

“Kalau yang turun di sini cuma sedikit. Saya nggak tau kalau yang diturunkan di luar terminal. Kalau sebelum covid-19, bisa sampai tiga kali lipat pemudik yang datang daripada yang sekarang, ” tuturnya.

Sementara itu, Siti Dasuli salah seorang pemudik merasa terbantu dengan adanya tes GeNose gratis ini. Pihaknya berniat akan melakukan perjalanan ke Jakarta menggunakan bis. Menikmati lebaran bersama keluarga di Ibukota Negara.

“Ini saya mau ke Jakarta, mau mudik ke Jakarta. Tadi diarahkan dari Dishub di bawah, di suruh untuk tes GeNose. Niatnya memang mudik dimajuin, sebelum dilarang untuk mudik, ” paparnya.(yy/ym)

KOMENTAR SEDULUR ISK :