Terkait akan dipindahnya Terminal Bus Wisata Colo Ke Kajar Peziarah Akan Dilayani Angkudes Yang Diatur Bergiliran

oleh -1,571 kali dibaca

KUDUS, isknews.com– Kekhawatiran masyarakat, khususnya para peziarah Sunan Muria, terkait dengan adanya rencana akan dipindahkannya Terminal Bus Wisata Colo ke Desa Kajar, yakni yang berhubungan dengan kebutuhan sarana angkutan umum yang melayani mereka, sudah terpikirkan solusinya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, dalam hal ini, Dinas Perhubungan Komunikasi Informartika (Dishubkominfo), akan mengarahkan angkudes jurusan Kudus – Colo, untuk melayani rute Colo – Kajar, yang diatur secara bergiliran.
Kepala Dishubkominfo Kabupaten Kudus, Didik Sugiharto, yang dihubungiisknwes.com, Jumat (8/1), membenarkan hal itu. Menurut dia, pemindahan terminal bus wisata, dari Desa Colo, ke Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, meskipun untuk pelaksanaannya masih menunggu anggaran, namun segala sesuatunya yang terkait dengan pembangunan proyek terminal tersebut, sudah direncanakan dengan matang. “Termasuk sarana angkutan umum yang akan melayani para peziarah ke Colo – Kajar, pergi – pulang, adalah menggunakan angkudes yang sekarang ini sudah ada.”
Angkutan umum yang dimaksud, adalah angkudes jurusan Terminal Bus Induk – Terminal Bus Wisata Colo, yang kendaraannya warna kuning-coklat. Rute itu, tentunya sangat vital dan dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, agar tetap bisa dilayani, untuk rute Kajar – Colo, angkudes yang akan mengangkut peziarah, diatur dengan plat nomer genap dan ganjil, secara bergiliran setiap hari. “Dengan cara bergiliran seperti itu, setiap hari akan tetap ada yang melayani penumpang Kudus – Colo, begitu juga untuk para peziarah dari Kajar ke Colo.”
Sedangkan untuk angkutan umum yang melayani para peziarah, yang akan menuju ke Makam Sunan Muria, tidak ada perubahan, yakni tetap dialayani ojek. “Angkudes yang datang dari arah terminal Kajar, akan berhenti dan menurunkan penumpang di pangkalan ojek,” jelas Kepala Dishubkominfo Kabupaten Kudus itu.
Seperti diberitakan di isknews.com, terminal bus wisata Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, menurut rencana akan dipindahkan ke Desa Kajar, yang masih dalam wilayah satu kecamatan. Hal yang melatarbelakangi pemindahan terminal bus wisata Colo itu, adalah selain luas areal parkirnya yang sudah tidak mencukupi, dengan semakin banyaknya armada bis yang keluar masuk, sehingga perlu dicarikan terminal pengganti, yang luas areal parkirnya lebih memadai. Selain itu, dengan dipindahkannya terminal di Kajar, diharapkan bisa mengurangi kemacetan lalu lintas di bagian atas, yang menuju ke arah Makam Sunan Muria. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :