Terkendala Sinyal, SMP 3 Satu Atap Undaan Kudus Laksanakan PTS Luring

oleh
Salah satu siswa saat mengambil naskah soal PTS yang dikerjakan di rumah. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – SMP 3 Satu Atap (Satap) Desa Wonosoco Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus melaksanakan Ujian penilaian tengah semester (PTS) tingkat SMP dengan sistem luar jaringan (luring).

Kepsek SMP 3 Satap Undaan, Sarpani melalui guru PAI, Panti Baridatus Syifa mengatakan ujian kali ini digelar pihaknya secara luring. Hal ini dipilih pihaknya agar memudahkan siswa dalam mengerjakan ujian.

“Disini jika tidak ada wifi, anak-anak susah mengerjakan, kemudian anak-anak jika ingin mendapatkan sinyal harus ke tempat balai desa, jika yang tidak mempunyai fasilitas kita fasilitasi, itupun beberapa. Makanya kami pilih PTS luring,” ujarnya.

PTS dilaksanakan dari tanggal 14 hingga 19 September 2020. Setiap harinya ada 2 mata pelajaran (Mapel) yang diujikan. Pantauan isknews.com di hari kedua, terlihat beberapa siswa datang ke sekolah untuk mengambil naskah ujian PTS. Sedangkan guru menerangkan sebentar tata caranya, kemudian dibagikan paper atau kertas soal PTS.

“Anak mengambil naskah soal pts lalu mereka mengerjakannya di rumah, sedangkan untuk deadline selesai pengerjaan diserahkan bersamaan dengan siswa saat mengambil PTS di hari berikutnya,” ujar Panti, Selasa (15/9/2020).

Diketahui, Total siswa di SMP 3 Satap Undaan Kudus berjumlah 53 siswa, dengan rincian kelas 7 ada 18 siswa, kelas 8 ada 19 siswa dan kelas 9 ada 16 siswa. “Alhamduilillah tahun ini ada peningkatan jumlah siswa, beberapa faktor dari prestasi secara akademik, yakni pada UN 2018 berhasil menduduki peringkat ke 17. lalu rata-rata selain dari Wonosoco, siswa juga ada yang dari desa sebalh Kutuk Undaan dan Tambirrejo Demak,” pungkasnya.

Sementara salah satu siswa kelas 7, Hengky Graynata mengaku tidak begitu sulit untuk mengerjakan dengan cara luring, karena Ia sebelumnya sudah belajar dan misal ada yang susah dikerjakan, biasanya baru tanya ke orang tua. “Dalam PTS ini soalnya ga begitu sulit, namun jika ada soal sulit, saya tanya bapak,” jelasnya.(AJ/YM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :