Terminal Wisata Bakalan Krapyak Kudus Terima Bantuan Becak Sampah dari Koperasi Wismaku

oleh -175 kali dibaca
Penyerahan 1 unit becak sampah dari Ketua Koperasi Wismaku, Ahmad Fathoni kepada Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, Catur Sulistiyanto di kantor Terminal Wisata Bakalan Krapyak (TWBK), Desa Krapyak Kecamatan Kaliwungu, Kudus, Selasa (29/3/2022) pagi.

Kudus, isknews.com – Koperasi Wisata Menara Kudus (Wismaku) menunjukkan kepedulian lingkungan dengan memberikan bantuan 1 unit becak sampah untuk pengelola Terminal Wisata Bakalan Krapyak (TWBK) Kudus.

Penyerahan 1 unit becak sampah itu di serahkan Ketua Koperasi Wismaku, Ahmad Fathoni kepada Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus,  Catur Sulistiyanto di kantor TWBK, Desa Krapyak Kecamatan Kaliwungu, Kudus, Selasa (29/3/2022) pagi.

Kadishub Kudus, Catur Sulistiyanto mengatakan, Koperasi Wismaku yang armada nya ada di Terminal Wisata Bakalan Krapyak telah menunjukkan kepeduliannya, untuk itu pihaknya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Koperasi Wismaku yang telah memberikan becak sampah tersebut,

“Terimakasih saya ucapkan, semoga bisa bermanfaat utamanya permasalahan sampah di TWBK, sehingga, kebersihan di kawasan ini tetap terjaga,” harapnya.

Ia mengakui, di TWBK sendiri memang becak sampah jumlahnya terbatas, “Kita awalnya punya 4 becak sampah, 2 kondisinya sudah rusak, jadi sisa 2, Alhamdulillah ini ketambahan 1 unit lagi,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, lanjut Catur, pintu masuk wisata religi ke Kudus satu diantaranya melalui Terminal Wisata Bakalan Krapyak, jadi mau tidak mau kebersihan di TWBK diutamakan agar pengunjung nyaman.

“Para peziarah Sunan Kudus yang menggunakan armada Bus atau elf turunnya di terminal ini (TWBK), bila kebersihan terjaga peziarah juga nyaman,” tuturnya.

“Jika peziarah nyaman maka berdampak pula bagi lingkungan, terlebih TWBK merupakan sumber kehidupan mata pencaharian warga, baik dari tukang becak, tukang ojek, toko oleh-oleh dan termasuk penyedia elf dari Wismaku,” imbuhnya.

Sementara Ketua Koperasi Wismaku, Ahmad Fathoni mengatakan bahwa pihaknya memang berinisiatif memberikan bantuan itu supaya sampah di kawasan TWBK bisa terangkut dan menjadikannya bersih dan enak dipandang,

“Hadirnya becak sampah semoga bisa memberikan solusi permasalahan sampah yang ada di TWBK,” paparnya.

Ia pun berharap agar becak sampah ini dapat dijaga dan dioperasikan secara maksimal. Karena dengan hadirnya becak, sampah dapat diangkut dengan cepat ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Diketahui, Saat ini telah mempunyai 4 armada Elf, dimana kendaraan yang beroperasi setiap hari itu digunakan mengangkut para peziarah dari luar kota yang mau ke Makam Sunan Kudus,

“Armada 4 elf kami beroperasi  di jam 6 pagi hingga Jam 5 sore, utamanya untuk mengangkut peziarah (wisata religi) di kawasan Menara Kudus,” jelasnya.

Sementara alamat Sekretariat Wismaku masih berada di sekitar TWBK, tepatnya di Dukuh Juwet RT 04 RW 01 Bakalan Krapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kudus. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :