Tiga Ruangan di SD 1 Garung Lor Kudus Rusak Berat

oleh -422 kali dibaca
Salah satu ruangan di SD 1 Garung Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kudus yang rusak. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Sekolah rusak kembali ditemui di Kudus, Setelah SD 4 Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, kini tiga ruangan di SD 1 Garung Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kudus juga rusak. Padahal, ruang yang rusak tersebut baru mengalami perbaikan tahun 2019 lalu.

Menurut Plt Kepala SD 1 Garung Lor, Eni Supriyanti, kerusakan lebih diakibatkan banyaknya kayu atap yang rusak dimakan rayap. Hal ini membuat kayu bangunan cepat lapuk dan membuat atap plafon ambrol.

Rata-rata kerusakan terjadi pada bagian plafon. Bahkan ruang kepala sekolah lebih parah, dimana genteng pada ruanagn tersbeut ambrol.

“Kami sudah melaporkan kerusakan ini ke dinas, dan baru kemarin ada peninjauan, Kerusakan terjadi sekitar tahun lalu, artinya baru setahun diperbaiki sudah rusak lagi,” jelas Eni.

Diketahui, ruang SD yang rusak diantaranya ruang kelas 3, ruang kepala sekolah dan ruang perpustakaan. Total siswa saat ini sebanyak 93 anak. Sedangkan khusus untuk kelas 3, total siswanya sebanyak 14 anak.

Sementara salah seorang siswa kelas tiga Mei Kayla Asyaima Sabiroh mengaku sedih karena ruang kelas tempat ia belajar kondisinya rusak. Ia pun ingin, agar ruang kelas yang harusnya ditempati itu bisa segera diperbaiki.

“Ya sedih liat kelas rusak, ini tadi PTS nempati di ruang kelas dua. Pengennya ya segera diperbaiki,” ujar bocah umur 8 tahun itu.

Terpisah, Kabid Pendidikan Dasar Disdikpora Kudus, Zubaidi merespon hal tersebut. Pihaknya akan mengupayakan perbaikan gedung tersebut pada tahun anggaran 2022.

“Kami akan sudah merencanakan perbaikan di tahun 2022. Tapi kalau memungkinkan, kami akan minta ke DPRD agar bisa menganggarkan di APBD Perubahan tahun ini,”tandasnya.

Hal tersebut, menurut Zubaidi karena anggaran di APBD Perubahan 2021 sangat terbatas. Dari plafon yang diberikan TAPD, hanya ada anggaran sekitar 400 juta yang diperuntukkan bagi rehab tiga sekolah.

“Untuk APBD Perubahan, sementara anggaran yang ada sudah teralokasikan untuk rehab SD 4 Prambatan Kidul, SD 3 Payaman dan SD 3 Bakalan Krapyak. Kalau ada tambahan anggaran, kami akan upayakan SD 1 Garung Lor juga,”tukasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :