Tim Museum Ranggawarsita Jateng Kunjungi 3 Museum di Kudus, Ada Apa?

oleh -94 kali dibaca
Foto: Dokumentasi Museum Kretek Kudus

Kudus, isknews.com – Tim Museum Ranggawarsita Jateng menuju Kudus untuk mengunjungi 3 museum yang ada di Kudus, yakni Museum Jenang atau Gusjigang di Jl. Sunan Muria, Museum Kretek di Getas Pejaten dan Museum Patiayam di Desa Terban Jekulo Kudus, Senin (2/11/2020).

Dalam lawatannya itu, segenap tim museum ranggawarsita ingin mengambil dokumentasi gambar-gambar koleksi 3 museum tersebut. “Rencananya kami akan buat museum virtual, dan museum di daerah akan kami ajak, tujuannya untuk memudahkan publik dunia maya melihat koleksi museum,” terang Muhammad Zaki Rosyada, edukator museum ranggawarsita kepada isknews.com

Lahirnya museum virtual dikarenakan suasana pandemi, karena kebanyakan museum belum diperbolehkan buka, termasuk  museum ranggawarsita. “Sejak maret hingga sekarang belum buka karena belum ada rekomendasi dari dinas,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Zaki, museum ranggawarsita membuat pameran virtual dan mengajak museum di daerah untuk ikut dalam pameran museum virtual. “Respon saya melihat museum di daerah sangat antusias banget, contohnya saat mengirim data profil museum, mereka sangat responsive,” pungkasnya.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Kretek dan Taman Budaya, Yusron menyambut baik dengan adanya museum virtual tersebut, “Sangat bagus karena nantinya akan bisa mengenalkan museum ke publik dunia maya, khususnya generasi muda milenial supaya tidak lupa dengan sejarah,” terangnya., (AJ/YM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :