Tim Nakes dari Provinsi Telah Tiba, Bantu Tangani Covid-19 di Kudus

oleh -2,436 kali dibaca
Ilustrasi sejumlah tenaga kesehatan di RSUD Loekmono Hadi Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Sesuai janji Menkes saat berkunjung di Kudus, akhirnya bantuan tenaga kesehatan (Nakes) dari institusi di tingkat Provinsi Jawa Tengah hari ini tiba di Kudus. Total sebanyak 81 tenaga kesehatan hadir untuk memperkuat nakes di Kudus yang sebagian besar kini sedang dirawat atau isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19.

Para nakes tambahan tersebut diperbantukan untuk membantu penanganan pasien COVID-19 di Kudus. Mereka berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, IDI, Kesdam IV/Diponegoro, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dan dari RS Moewardi Surakarta.

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Masut, kini para nakes tersebut ditempatkan pada sejumlah rumah sakit rujukan yang ada di Kudus

“Sebagian besar kami tempatkan di rumah sakit rujukan, kemudian ada yang ditempatkan di Puskesmas Jepang, tempat isolasi Akbid dan Rusunawa,” katanya, Selasa (08/06/2021).

Masut menjelaskan, dari 81 tenaga kesehatan tersebut, di antaranya ada perawat, analis, ahli gizi, apoteker, dokter umum, spesialis patologi, ahli paru, penyakit dalam dan pulmonologi dengan jumlah bervariasi.

“Terbanyak perawat ada 48 orang, sedangkan dokter umum ada 12 orang, dokter spesialis enam orang dan lainnya analis, apoteker serta ahli gizi,” ujarnya.

Tenaga kesehatan tersebut, kata dia, mulai ditempatkan sejak 2 Juni dan ada yang mulai bekerja 7 Juni 2021, sedangkan masa tugasnya ada yang hingga 31 Juni 2021 untuk perawat, sedangkan dokter spesialis dijadwalkan hingga pertengahan Juni 2021.

Rumah sakit yang paling banyak membutuhkan, menurut Masut, adalah RSUD Loekmono Hadi Kudus, disusul Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus, RS Kumalasiwi, RS Islam dan RS Aisyiyah.

Berdasarkan data dari Dinkes Kudus, keterisian tempat tidur di ruang ICU sekitar 86 persen dari total 57 tempat tidur yang tersedia, sedangkan tempat tidur di ruang perawatan, dari 1.233 tempat tidur yang berasal dari tujuh rumah sakit rujukan, keterisiannya 96 persen atau 447 tempat tidur.

Rumah sakit yang sudah terisi penuh, katanya, adalah Rumah Sakit Kumala Siwi Mijen dengan 100 tempat tidur dan RS Aisyiyyah dengan 157 tempat tidur. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.