Tim Penggerak PKK Desa Kaliwungu Kudus Resmikan Taman Tanaman Obat Keluarga

oleh -546 kali dibaca
FOTO: Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan (tengah baju putih pakai iket kepala) saat foto bersama dengan anggota TP PKK Desa Kaliwungu Kudus perangkat Pemdes Kaliwungu, anggota PKK, BPD, serta dari mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus dan Universitas Muria Kudus (UMK).

Kudus, isknews.com – Bersamaan hari jadi Kota Kudus yang ke-472, Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus mempunyai gebrakan dengan memanfaatkan lahan Balai Desa seluas kira-kira 120 meter untuk taman Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Tanaman obat keluarga yang ditanam berasal dari swadaya masyarakat. Beberapa TOGA yang ditanam yaitu Jahe, Kunyit, Kencur, Sirih, Serai, Laos, Sambiloto, Ginseng. Selain itu ada tanaman buah diantaranya Jeruk, Strawberry, Nanas, Kelengkeng, Sari Kaya serta Aneka Sayur Terong, Lombok, Tomat dan lainnya.

Didampingi perangkat Pemdes Kaliwungu, anggota PKK, BPD, serta dari mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus dan Universitas Muria Kudus (UMK), Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Desa Kaliwungu Kudus, Eni Kusrini meresmikan taman tanaman obat keluarga (TOGA) di halaman Balai Desa setempat, Kamis (23/9/2021).

Eni Kusrini menyebutkan jika permasalahan kesehatan yang dihadapi dewasa ini cukup kompleks, karena upaya kesehatan belum dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Padahal tidak semua penyakit yang dikeluhkan membutuhkan penanganan medis dengan konsumsi obat modern.
“Keluhan ringan seperti sakit kepala, nyeri sendi, batuk, luka bakar ringan, dan lainnya dapat diobati secara mandiri dengan menggunakan obat tradisonal yaitu tanaman obat keluarga (TOGA),” jelas sekretaris Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kudus itu.

Acara ini juga menggandeng adik-adik mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus dan Universitas Muria Kudus (UMK), dimana merupakan salah satu bentuk dari Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat.
“Harapannya taman yang telah kita bangun ini dapat berkembang dan manfaatnya dapat dirasakan terus menerus. Semoga dari kegiatan ini masyarakat dapat menanam tanaman obat keluarga di rumah masing-masing dan dapat memanfaatkannya secara mandiri sebagai pertolongan pertama jika ada keluhan ringan,” paparnya.

Sementara Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan yang hadir dalam kesempatan itu sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemdes Kaliwungu. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :