Tim Pusaka Kudus Diajak Angkat Potensi Lokal Kota Prabumulih Sumatra Selatan

oleh -436 kali dibaca
Tim Penggiat Usaha Satuan Karya Nusantara (Pusaka) Kabupaten Kudus diajak mengangkat potensi lokal Kota Prabumulih Sumatra Selatan dengan menjadi pemateri untuk berbagi ilmu bersama warga Kelurahan Patih Galung Kota Prabumulih dalam rangka mengangkat ikon kota menjadi agro wisata, Senin – Kamis (22-25/3/2021).

Isknews.com – Tim Penggiat Usaha Satuan Karya Nusantara (Pusaka) Kabupaten Kudus diajak mengangkat potensi lokal Kota Prabumulih Sumatra Selatan dengan menjadi pemateri untuk berbagi ilmu bersama warga Kelurahan Patih Galung, Senin – Kamis (22-25/3/2021).

Tim Pusaka itu terdiri dari 3 orang, pertama, Rubiyanti Ulik, yang juga selaku ketua Umum PUSAKA Nusantara Kudus. Ia memaparkan materi tentang produksi dan pasar. Sementara Taufik M.Pd, memaparkan terkait Diklat dan SDM, dan Umi Cahyaningrum, S.Pd memaparkan motivator pengembangan bisnis.

Rubiyanti Ulik, ketua Umum PUSAKA yang menaungi ekonomi kreatif, UKM, Media dan Pariwisata dalam hal ini, optimistis jika kota Prabumulih sangat layak untuk dijadikan kota agro wisata melalui buah nanasnya sebagai icon kota Prabumulih.

“Saya sangat yakin dengan potensi yang ada industri buah nanas kota Prabumulih bisa menjadi yang terbesar di asia dengan pangsa pasar yang ada,” tutur Yanti.

Sebab, lanjutnya, potensi Kota Prabumulih sangat berlimpah dengan buah nanasnya supaya bisa lebih dikembangkan dan menggali kreatifitas warga untuk mengelola usaha yang bahan dasarnya buah nanas, karena buah nanas sangat besar sekali manfaatnya.

“Selama lima hari di Prabumulih banyak juga yang kita ajarkan, diantaranya tentang Eco print agar Bagaimana semua tanaman yang ada di sekitar rumah ini bisa menjadi sebuah produk kain yang sangat luar biasa dan benar-benar harganya pun bisa membantu meningkatkan pendapatan mereka,” bebernya.

Selain itu, juga kami ajarkan membuat manisan nanas dengan para pemuda-pemudi ekonomi kreatif di saung nanas Patih Galung dari berbagai elemen masyarakat termasuk para tokoh agama, Pak Lurah Patih Galung bapak wakil walikota Pak Walikota bahkan Rektor  Universitas Sjakhyakirti (UNISTI) mensuport sekali, dan pihaknya menginginkan segera ada audiensi fasilitasi tentang gizi bagi produk makanan dan minuman.

Dikatakan Yanti, bahwa Wakil Walikota Prabumulih H. Andriansyah Fikri, SH juga sangat mendukung sekali untuk kegiatan tersebut, yang nantinya bisa membangun tumbuh kembang kreatif dari warga kota Prabumulih dan juga bisa mengangkat icon kota menjadi agro wisata kedepannya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :