Tinggal 4 Hari Lagi Perayaan Syawalan Sendang Jodo Masih Sepi

oleh -1,054 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Obyek wisata Sendang Jodo di Dukuh Jambean, Desa Purworejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, pada H+2 lebaran 2017, masih tampak sepi. Padahal perayaan Syawalan yang setiap diselengarakan di obyek wisdata yang letaknya di Dukuh Jambean, Desa Purworejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus itu, hanya tinggal empat hari lagi.

Pemantuan isknews.com di tempat wisata yang berada di kerimbunan pohon-pohon berbagai jenis itu, Senin (26/06), masih sepi, belum tampak adanya aktivitas. Tanda-tanda akan dimulanya kegiatan Syawalan yang sudah menjadi tradisi setiap tahun, seperti spanduk atau banner pemberitahuan acara pada H-7 lebaran mendatang, juga belum terpasang. Suasana di sekitar sendang itu pun sepi, kemungkinan masih banyak yang mudik.

Sendang Jodo, selama ini, dikenal sebagai salah satu tempat keramaian tradisi Syawalan, yang sudah rutin diselenggarakan setiap tahun. Pada pincak acara Syawalan itu, akan dilaksanakan ritual arak-arakan gunungan ketupat dan jajan pasar. Arak-araknya yang dipimpin sesepuh RW setempat, diikuti oleh puluhan warga dari mulai anak-anak hingga dewasa, rutenya mulai dari halaman masjid menuju ke Sendang Jodo. Di Sendang ini, gunungan itu jadi rebutan secara beramai-ramai, baik oleh warga dan pengunjung.

Pada Syawalan 2016 lalu, selain acara ritual di atas, panitia menambahkan pertunjukan berupa orkes ndangdut dan barongsai. Hasilnya luar biasa. Sebanyak 1000 lembar tiket masuk ke arena Syawalan Sendang Jodo itu, ludes terjual. Banyaknya jumlah pengunjung di Sendang Jodo itu, memang di luar dugaan panitia. Menurut ketua panitia, Putut Wijanarko, tiket bahkan sudah habis terjual sebelum acara Syawalan berakhir yang direncanakan jam 16:00 wib, namun pada jam 15:00 wib seluruh tiket sebanyak 1000 lembar sudah habis terjual. Sehingga pengunjung selepas jam itu, dibebaskan masuk tanpa tiket.

“Baru pada penyelenggaraan 2016, tiket masuk Syawalan Sendang Jodo, laku semua. Pada Syawalan 2015 lalu, dari 1000 lembar tiket yang dicetak panitia, hanya sebanyak 600 tiket yang terjual,” ujar Putut yang sudah dua kali dipercaya menjadi ketua panitia. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.