Tingkat Pengangguran Terbuka Di Kudus 5,04 Persen, Masih Lebih Tinggi Dari Kabupaten Di Sekitarnya

oleh -1,649 kali dibaca

01a copyKudus, isknews.com –  Di Kabupaten Kudus Angkatan Kerja di Bulan Mei 2016 tercatat sebanyak 451.227 angkatan kerja, yang termasuk Angkatan Kerja yaitu penduduk yang selama seminggu yang lalu bekerja, sementara tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau sedang mempersiapkan usaha . Sedangkan Bukan Angkatan Kerja adalah kelompok penduduk yang selama seminggu yang lalu mempunyai kegiatan yang tidak termasuk dalam angkatan kerja, seperti sekolah, mengurus rumah tangga dan lainnya. Demikian adalah data indikator makro Ekonomi yang disusun oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Kudus untuk rilisan Juni 2016, terkait dengan angkatan kerja di Kabupaten Kudus pada bulan Mei 2016.

Selanjutnya BPS Kabupaten Kudus mengungkapkan, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) 02adalah perbandingan jumlah angkatan kerja terhadap penduduk usia kerja dan dihitung dari jumlah angkatan kerja dibagi jumlah penduduk 15 tahun ke atas dikali 100. Untuk Kabupaten Kudus TPAK pada bulan Mei 2016 tercatat sebesar 71,04 persen.

Sedangkan untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Kudus adalah sebesar 5,04 persen, TPT adalah perbandingan antara jumlah pencari kerja dengan jumlah angkatan kerja, dan biasanya dinyatakan dalam persen.01a copy

Tingkat Kesempatan Kerja (TKK) di Kabupaten Kudus mencapai angka 94,96 persen, TKK  adalah ukuran yang menunjukkan seberapa banyak jumlah penduduk usia kerja yang bekerja atau sementara tidak bekerja. Dihitung dari jumlah penduduk usia kerja yang bekerja atau sementara tidak bekerja dibagi jumlah angkatan kerja dikali 100.

 

Dari tabel di atas terlihat bahwa TPAK di Kabupaten Kudus sebesar 71,04 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kabupaten lain di sekitarnya. Untuk Kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan TPAK nya lebih tinggi dari Kabupaten Kudus yaitu masing-masing sebesar 75,33 persen dan 71,09 persen.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Kudus sebesar 5,04 persen masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan TPT kabupaten lain di sekitarnya. Kabupaten Grobogan, Kabupaten Demak dan Kota Semarang TPT nya lebih tinggi dari TPT Kudus. Sedangkan untuk Tingkat Kesempatan Kerja (TKK) tertinggi ada di Kabupaten Semarang sebesar 97,43 persen dan terendah di Kabupaten Demak sebesar 93,98 persen. (YM)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :