Tingkatkan Kualitas, Perbakin Kudus Kirim Peserta Ikuti Penataran Pelatih C Nasional

oleh -595 kali dibaca
Yuris Februari K, salah satu anggota Perbakin Kudus (kaos hitam) saat minta ijin Ketua Pengkab Perbakin Kudus, Boedhi Tjahyono untuk mengikuti Penataran Pelatih lisensi C Nasional yang di selenggarakan Pengprov Perbakin Jawa Tengah pada tanggal 11-13 Maret 2021 di Semarang. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Kabupaten Kudus bakal mengikutkan Yuris Februari K, salah satu anggotanya untuk mengikuti Penataran Pelatih lisensi C Nasional yang di selenggarakan Pengprov Perbakin Jawa Tengah, tanggal 11-13 Maret 2021 di Semarang.

Yuris mengaku semangat dengan adanya kegiatan pelatihan itu. Ia telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk bisa mengikutinya dari awal hingga akhir, “Semoga saya bisa mengikutinya semaksimal mungkin, yang nantinya bisa bermanfaat  untuk diri saya dan lingkungan sekitar, khususnya untuk memberikan yang terbaik bagi Perbakin Kudus kedepannya,” harap warga Desa Dersalam Kecamatan Bae itu.

Sementara Ketua Pengkab Perbakin Kudus, Boedhi Tjahyono mengatakan, Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk pengetahuan dasar bagi para pelatih yang belum memiliki lisensi C, yang merupakan syarat utama bagi para pelatih untuk melakukan pelatihan.

“Dengan adanya kegiatan penataran ini adalah agar kedepannya para pelatih dapat lebih mengerti aturan-aturan main terbaru yang telah ditetapkan oleh Perbakin, serta mengembangkan dan bisa mengangkat nama Perbakin Kabupaten Kudus di kejuaraan-kejuaraan yang akan datang,” terang Boedhi.

Selama 3 hari, Yuris akan mendapatkan materi ilmu dan pengalaman baru, diantaranya hari pertama, mengenai Dasar-Dasar Ilmu Kepelatihan – Prinsip-Prinsip Kepelatihan – Tugas & Tanggung Jawab Seorang Pelatih , Nomor-Nomor Dalam Olahraga Menembak, Pengetahuan Tentang Peraturan-Peraturan, Tehnik Dasar Menembak Pistol, Tehnik Dasar Menembak Pistol (Lanjutan).

Hari kedua materi mengenai Penyusunan dan Perencanaan Program Latihan , Program Jangka Panjang – Pendek – Program Bulanan, Mingguan, dan Harian – Program Untuk Pemula / Youth / Junior, lalu Latihan Fisik Umum dan Khusus Bagi Seorang Petembak.

Dan materi hari ketiga mengenai Ilmu Faal dan Anatomi Sebagai Penunjang Olahraga Menembak, Bagaimana Persiapan Menghadapi Suatu Kejuaraan, Pemasalan dan Pembibitan Pada Atlet-Atlet Pemula (Youth,  Junior dan University), Peran & Fungsi Team Manager & Pelatih bagi Atlet Menembak dan terakhr Beberapa tips mengenai ISSF Rules.

Boedhi berharap kedepannya pelatih dapat mengembangkan materi yang didapat dari penataran ini. “Penataran pelatih ini merupakan pemacu awal untuk para pelatih yang belum mendapatkan lisensi C, jangan terpaku belajar hanya disini, tetapi harus bisa mengembangkan materi-materi yang diberikan,” tambahnya.

Selain itu, pelatihan penataran tersebut dapat menjadi bekal kedepannya untuk membimbing penembak usia muda dan setelah mendapatkan lisensi, lanjut Boedhi, nantinya Kudus mempunyai pelatih yang professional, berkualitas, dan berdedikasi tinggi.

“Kami berharap agar ilmu menembak yang telah diberikan selama penataran dapat diaplikasikan dengan sebaiknya. Sehingga kedepan akan muncul atlet asal Kudus yang akan mewakili Indonesia di kancah internasional,” tutupnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :