Tingkatkan Minat Baca Siswa, Sekolah Ini Taruh Buku di Depan Kelas

oleh -863 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Demi menumbuhkan minat baca anak didiknya, SD Muhammadiyah Pati dilengkapi dengan perpustakaan yang representatif dan nyaman, juga beragam koleksi buku pelajaran maupun fiksi hadir disana. Uniknya, tidak hanya dalam perpustakaan, buku-buku tersebut juga diletakkan di depan ruang kelas.

“Buku tidak hanya kita taruh di dalam ruangan saja,tetapi juga ada yang diletakkan di luar ruangan. Misalnya saja di depan kelas yang juga kita taruh rak buku. Agar, anak-anak ketika jam istirahat bisa menjangkaunya dengan dekat, tidak harus ke ruang perpustakaan, ini strategi kami meningkatkan minat baca,” ujar Sri Sugiarti, Kepala SD Muhammadiyah Pati, Selasa (22/08/2017).

Menurutnya, dengan diarahkan guru, secara perlahan anak-anak mulai memanfaatkan buku yang tersedia tersebut untuk dibaca. Pada akhirnya, tanpa disuruh pun, anak-anak sudah mulai terbiasa membaca buku ketika jam istirahat.

Lanjut dia, membaca merupakan hal yang harus juga dibiasakan, karena dengan membaca anak-anak akan memiliki wawasan yang luas. Sebab, menurutnya buku adalah jendela dunia.

“Tanpa mau membaca, kita nantinya juga akan tertinggal jauh mengenai perkembangan yang terjadi di belahan dunia ini. Baik itu yang sifatnya akademik, informasi dan teknologi, ataupun informasi terkini yang terjadi di sekitar kita,” katanya.

Sugiarti berharap, tersedianya beragam koleksi buku di sekolah, juga mampu memberikan motivasi kepada siswa untuk berkreasi. Pun demikian, hal itu tidak menjadikan siswa untuk tidak mudah bosan dalam membaca. Sebab, banyaknya pilihan buku yang seru untuk dinikmati bagi para siswa tersebut. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :