Total Hadiah Rp 105 Juta, Ini 9 Desa dan 3 Kelurahan yang Bakal Ikut Lomba Desa dan Kelurahan Tahun Ini

oleh -288 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Kudus tahun 2022 kembali digelar dengan protokol kesehatan ketat. Lomba yang digelar pada 15 Maret – 20 April akan diikuti oleh 9 desa dan 3 kelurahan.

9 Desa yang ikut yakni Desa Langgardalem Kecamatan Kota, Desa Karangmalang Kecamatan Gebog, Desa Karangrowo Kecamatan Undaan, Desa Bulung Kulon Kecamatan Jekulo, Desa Kesambi Kecamatan Mejobo, Desa Kajar Kecamatan Dawe, Desa Bae Kecamatan Bae, Desa Getaspejaten Kecamatan Jati, dan Desa Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu.

Sedangkan 3 Kelurahan di Kecamatan Kota yang ikut lomba kelurahan, yakni Kelurahan Sunggingan, Kelurahan Purwosari, Kelurahan Mlati Norowito.

Total hadiah yang disediakan untuk evaluasi perkembangan desa dan kelurahan pada tahun ini sejumlah Rp 105 juta. Kemudian, ditambah dengan trophy dan piagam penghargaan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas PMD Kabupaten Kudus Lilik Ngesti W melalui Analis Kebijakan, Haryuni Fitrianingrum, mengatakan, dari 9 desa yang ikut akan dipilih enam juara, sementara 3 kelurahan akan dipilih satu juara saja.

“Jadi tahun ini ada lomba untuk kelurahan juga, tapi juara lomba dari desa dan kelurahan kita bedakan,” ujarnya.

Indikator penilaian pada lomba ini, lanjut Yuni, sesuai dengan tertera pada Permendagri Nomor 81/2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Dimana, indikator penilai lomba didasarkan pada 3 aspek, yakni Pemerintahan, Kewilayahan, dan Kemasyarakatan.

“Indikator untuk lomba desa maupun kelurahan itu sama, ketiga itu indikatornya,” tandasnya.

Enam juara yang berhasil terpilih berhak mendapatkan hadiah berupa sejumlah uang yang akan langsung ditransfer ke rekening kas desa. Yang otomatis masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dan bisa dipergunakan untuk menjalam program yang menjadi prioritas masing-masing desa.

Adapun hadiah yang akan diterima oleh desa yang menjadi juara 1 senilai Rp 22,5 juta, Juara II senilai Rp 17,5 juta, juara III senilai 12,5 juta. Sementara juara harapan I, II, dan III masing-masing mendapatkan hadiah senilai Rp 10 juta rupiah.

“Kalau pemenang lomba kelurahan sama dengan lomba desa yaitu Rp 22,5 juta. Setiap hadiah yang diterima dipotong pajak 15 persen,” tambahnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :