Total Lebih Rp 40 Juta, Lazismu Kudus Tasarufkan Beasiswa Mentari Bagi Siswa Tak Mampu

oleh -1,083 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kudus melalui Program Beasiswa Mentari yang merupakan bagian dari pilar pendidikan Lazismu, mentasarufkan beasiswa senilai lebih dari Rp 40 Juta kepada sebanyak 65 siswa dari tingkat SD/MI hingga SAM/SMK/MA.

Menurut manajer Lazismu Nurur Rohman, program ini sesuai dengan amanat Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah bertujuan untuk membantu siswa siswi yang sedang melakukan proses belajar dan membutuhkan bantuan beaya pendidikan.

“Baik biaya bulanan atau semester disesuaikan dengan tingkat pendidikan mereka,” ujarnya saat ditemui usai seremonial pentasarufan beasiswa yang dilakukan di aula Panti Asuhan Yatim (PAY) Aisyiyah Jalan Kudus – Jepara Prambatan Kidul, Kudus, Jumat (31/05/2024).

Menurut Rohman, Lazismu Kudus menyalurkan beasiswa Mentari kepada 65 siswa di bawah naungan Muhammadiyah di Kabupaten Kudus . Total beasiswa yang disalurkan yakni sebesar Rp 40.950.000.

“ Sebanyak 65 siswa yang menerima beasiswa, terdiri dari 39 siswa tingkat SD/MI, 13 siswa tingkat SMP/MTs, dan 13 siswa tingkat SMA/SMK/MA. Adapun besaran beasiswa yang diberikan kepada siswa berbeda berdasarkan masing-masing jenjang,” tambahnya.

Dikatakannya, untuk tingkat SD/MI mendapatkan beasiswa senilai Rp 450.000, tingkat SMP/MTs senilai Rp 750.000, dan tingkat SMA/SMK/MA senilai Rp 1.050.000.

“Beasiswa ini bisa digunakan oleh para penerima untuk kepentingan pendidikan atau sekolahnya. Semoga bisa bermanfaat,” harapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kudus, Ali Zamroni mendukung penuh atas program baik yang telah dilakukan oleh Lazismu.

“Meskipun nominalnya tidak banyak, namun tidak bisa dipungkiri bahwa banyak siswa yang membutuhkan bantuan tersebut. Ini juga tidak terbatas untuk siswa sekolah saja, tapi sudah merambah ke mahasiswa di perguruaan tinggi, sudah ada beberapa mahasiswa yang dibiayai Lazismu. Semoga bisa terus bermanfaat,” ujar Ali, yang juga Kepala SMP 1 Muhammadiyah Kudus itu.

Ia juga mengungkapkan bahwa dari tiga siswa di sekolahnya yang mendapatkan manfaat dari beasiswa mentari Lazismu Kudus.

“Bantuan itu menjadi penting, lantaran dibutuhkan oleh siswa untuk menunjang kebutuhan pendidikannya di sekolah,” katanya.

Sementara itu, salah satu penerima beasiswa Mentari, Amanda Dwi Maharani mengaku terbantu dengan adanya bantuan uang tunai dari Lazsimu Kudus. Ia akan menggunakan uang tersebut untuk melanjutkan pendidikan di jenjang SMA.

“Saya ini kelas 9, nanti uangnya mau dipakai untuk mendaftar ke sekolah baru setelah lulus. Beruntung sekali bisa dapat (beasiswa Mentari), sangat membantu,” ujar siswa SMP 3 Muhammadiyah, yang juga putri seorang kuli bangunan tersebut. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.