TPI II Juwana Optimis Penuhi Target PAD

oleh -985 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Masih tidak bersahabatnya cuaca, mengakibatkan turunnya tangkapan ikan para nelayan di laut. Imbasnya, rentang Januari – sekarang, Pendapatan Asli Daerah (PAD) TPI II Juwana baru mencapai Rp 3,1 miliar.

Padahal, tahun ini TPI II Juwana untuk PAD ditargetkan sebesar Rp 5,5 miliar. Setidaknya, TPI II Juwana masih memilki waktu sekira 3 bulan untuk mengejar target tersebut. Target itu lebih besar jika dibandingkan pada tahun 2016, yakni Rp 4,1 miliar.

“Pada tahun ini, kami ditarget PAD sebesar Rp 5,5 miliar, dan sampai saat ini sudah Rp 3,1 miliar dengan total 832 kapal. Target ini naik Rp 1,4 miliar jika dibandingkan tahun sebelumnya,” beber Kepala TPI II Juwana Riyanto, belum lama ini.

Meski begitu, pihaknya optimis dapat memenuhi target PAD yang ditetapkan. Jika sesuai akumulasi, lanjut dia, selama tiga bulan kedepan diperkirakan kapal-kapal penangkap ikan, yang saat ini masih berada di tengah laut akan bersandar.

“Jika sesuai akumulasi, maka diprediksi akan aman sampai akhir tahun. Karena selama tiga bulan kedepan, kedatangan kapal semakin bertambah,” jelasnya.

Imbuh Riyanto, faktor cuaca sangat berperan dalam hasil tangkapan kapal ikan. Sehingga, akhir-akhir ini tangkapan nelayan menurun.

“Kalau faktornya banyak, tapi yang pasti cuaca, misalnya tidak adanya hujan menyebabkan tangkapan ikan sedikit. Berbeda kalau mendekati hujan, biasanya penangkapan ikan gampang,” terangnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :