Treatment Ice Bath Siswa ASTI Kudus, Jelang Turnamen Piala Ketua Umum KONI Pusat 2024

oleh -1,287 kali dibaca
Jelang ikuti Turnamen Piala KONI Pusat 2024 di Serpong Tangerang Selatan, para siswa ASTI ikuti Treatment Ice Bath (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Jelang pemberangkatan siswa Akademi Sepak Bola ASTI Kudus mengikuti turnamen Piala Bergilir Ketua Umum KONI Pusat 2024 yang akan berlangsung 25 hingga 30 Juni 2024. Puluhan siswa diberi treatment khusus berupa ice bath. Terapi ini dilakukan dengan cara merendam tubuh ke dalam bak berisi air es.

Seperti diketahui, Kejuaraan ini diikuti oleh 66 tim Sekolah Sepak Bola (SSB) dan Akademi, yang akan berlangsung di Lapangan Stadion Kodiklat TNI dan Lapangan Campuse Serpong Tangerang Selatan.

Seperti disampaikan oleh CEO ASTI Kudus, Arief Budiyanto pihaknya mengirimkan tiga tim dalam turnamen ini yakni Kategori Usia (KU) 10: Dijadwalkan tanding pada 30 Juni 2024, KU-13: Dijadwalkan tanding mulai 24-26 Juni 2024 dan KU-15: Dijadwalkan tanding mulai 27-29 Juni 2024.

“Ini Piala Begilir KONI Pusat yang akan kita ikuti mewakili Jawa Tengah. ASTI Kudus menerjunkan tiga tim untuk berpartisipasi dalam laga sepak bola tingkat nasional tersebut,” ujar Arief Budiyanto, CEO ASTI, Sabtu (22/06/2024).

Menurutnya, untuk memastikan kesiapan para atlet, ASTI Kudus memberikan pelatihan rutin guna mengasah keterampilan permainan serta memperkuat mental pemain. Latihan ini bertujuan agar para pemain dapat bermain dengan tenang selama pertandingan. Diharapkan, tim ASTI Kudus dapat pulang membawa kebanggaan.

Sementara itu, saat memberikan treatmen kepada para siswa ASTI yang akan diberangkatkan ke Jakarta, pelatih ASTI Kudus, Yayat Hidayat, menjelaskan bahwa tratment ice bath yang pihaknya lakukan ini untuk mengembalikan stamina para atlet. Terapi ini dilakukan dengan cara merendam tubuh ke dalam bak berisi air es.

“Fungsi dari ice bath ini untuk mengembalikan kondisi fisik anak. Anak sudah menjalani latihan berat selama satu minggu dan sudah melakoni pertandingan. Supaya kondisi pulih, disamping makanan bernutrisi juga pakai ice bath ini,” kata Yayat.

Dijelaskannya treatment ice bath biasa dilakukan oleh para atlet olahraga gunanya diantaranya mengurangi Peradangan dan Cedera.

“Berendam dalam air es membantu mengurangi peradangan pada otot dan jaringan tubuh, serta meminimalkan risiko cedera lebih lanjut. Memulihkan Tubuh dengan Cepat karena Air dingin membantu menurunkan suhu tubuh yang meningkat selama berolahraga dan mempercepat pemulihan tubuh,” bebernya.

Selain itu kata pelatih berlisensi A ini, Ice bath dapat meningkatkan efisiensi kontraksi otot, yang berujung pada peningkatan kekuatan dan daya tahan serta meningkatkan Pemulihan Mental.

“Karena sensasi dingin dari air es dapat meredakan stres dan kecemasan, membantu memulihkan keseimbangan mental dan emosional,” ungkapnya.

Para atlet akan berendam selama 10 hingga 15 menit dalam air es dengan suhu di bawah 0 derajat Celcius. Metode ini diharapkan dapat mempercepat pemulihan stamina, selain melalui istirahat yang cukup.

Yayat menyampaikan bahwa pihaknya tidak memasang target khusus dalam pertandingan kali ini. Yang terpenting adalah anak-anak asuhannya dapat bermain maksimal sesuai dengan arahan dan latihan yang telah dijalani.

“Turnamen ini diikuti oleh 66 tim peserta dari seluruh Indonesia karena ini adalah event nasional. Harapannya anak bisa bermain dengan maksimal, karena dengan kita sudah berpartisipasi saja itu sudah sangat bagus untuk pengalaman mereka. Jika menang, itu adalah bonus untuk mereka di usia dini. ” pungkas Yayat.

Ditekankannya, dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi, ASTI Kudus siap memberikan yang terbaik di turnamen Piala Bergilir Ketua Umum KONI Pusat 2024. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.