Ukiran Macan Kurung Dipromosikan

by
Ukiran Macan Kurung Dipromosikan ISKNEWS.COM
Foto: Istimewa

Jepara, ISKNEWS.COM – Kabupaten Jepara kaya akan budaya, hampir di setiap pelosok wilayahnya memiliki seni, adat, dan budaya yang beragam. Diantara budaya dari bumi kelahiran RA Kartini yang mendunia adalah karya seni ukir. Dimana buah keberhasilan dari sektor industri pengolahan ini, tahun 1960 Kabupaten Jepara mendapat predikat “Jepara Kota Ukir” sebagai ikon kota, disamping sebagai Bumi Kartini.

TRENDING :  Meski Banyak Peminat, Permintaan Kartu Kuning di Kudus Alami Penurunan

Tak terhitung jumlah banyaknya hasil dari karya seni dari Jepara ini. Namun, satu hasil karya seni ukir yang hingga saat ini masih menjadi magnet kenunikan Kabupaten ini yaitu “Macan kurung”. Karya seni berbentuk tiga dimensi, dengan seeokor macan sebagai ikon yang hidup didalam kurungan ini, terbuat dari sepotong kayu bulat utuh tanpa dibelah dan sambungan. Dikalangan perajin karya seni ukir ini adalah sebuah gambaran pengendalian nafsu.

“Macan kurung merefleksikan nilai-nilai kesabaran dalam kehidupan manusia,” ujar Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, saat memperkenalkan “Macan Kurung” kepada civitas akademika Institut Pertanian Bogor (IPB), di Peringgitan Pendapa RA Kartini Jepara, usai acara penerimaan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) IPB tahun 2018, Kamis (12-7-2018).

TRENDING :  Jawa Tengah Raih Juara Umum MQK ke VI

KOMENTAR SEDULUR ISK :