Usai Bersholawat, Zahir Mania Kudus Bagikan Santunan dan Buka Puasa Bersama

oleh -145 kali dibaca
Zahir Mania Kudus saat memberikan santunan

Kudus, iskenws.com – Penggemar grup sholawat Az Zahir dari Pekalongan, Zahir Mania di Kudus menggelar pertemuan rutin dengan bersholawat bersama di area lapangan RM. Bambu Wulung, Kudus, Minggu (17/4/2022) sore hari.

Dengan diiringi rebana, puluhan anggota yang sebagian besar remaja dan anak muda itu nampak khusyuk melantunkan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW.

Usai bersholawat, acara dilanjutkan dengan pembagian santunan dan buka puasa bersama.

Ketua Zahir Mania Kudus, H Mawahib menjelaskan, Zahir Mania sendiri adalah sebuah komunitas penggemar grup rebana Az Zahir pimpinan Habib Ali Zain Abidin Assegaf dari Pekalongan. Fanatisme terhadap grup rebana ini yang kemudian mendorong terbentuknya komunitas yang memiliki ribuan anggota tersebut.

“Kegiatan shalawatan ini merupakan rutinan yang digelar Zahir Mania Kudus. Bertepatan dengan bulan Ramadan, kegiatan kamj gabungkan dengan buka bersama serta pembagian santunan,”kata Mawahib di sela-sela acara.

Sebagai Ketua Zahir Mania Kudus, dirinya hanya melaksanakan amanah Habib Bidin untuk terus membumikan shalawat terutama di generasi milenial.

Dan memang mayoritas penggemar Az Zahir justru merupakan kaum muda yang gandrung untuk meluapkan kerinduannya kepada nabi melalui syair-syair qasidah yang dilantunkan Az Zahir.

Mawahib yang juga merupakan anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Jateng tersebut menambahkan, Zahir Mania juga cukup rajin menggelar kegiatan-kegiatan positif. Selain rutinan shalawatan, berbagai kegiatan lain seperti bhakti sosial juga dilakukan sebagai cara untuk mempererat tali silaturahmi di antara para anggota.

“Kami tidak pernah memperlakukan komunitas ini sebagai organisasi formal. Tapi komunitas ini terus berkembang dan melakukan hal-hal positif sebagai bentuk ibadah,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :