Vaksinasi Lansia di Kecamatan Jati Capai 76 Persen, Camat Jati : Gerilya Door to Door Masih Berlanjut

oleh -1,065 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Capaian vaksinasi bagi lansia di Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus sudah memasuki angka 76 persen. Camat Jati, Andreas Wahyu Adi, mengatakan, gerilya door to door bagi lansia masih berlanjut.

Menurut penuturan Andreas, para lansia yang belum vaksinasi, rata-rata memliliki komorbid dan masih merasa takut untuk disuntik vaksin. Lantaran hal tersebut, pihaknya masih melakuka upaya jemput bola agar para lansia di Kecamatan Jati secara keseluruhan sudah tersuntik vaksin.

“Meskipun saat ini baru digencarkan vaksinasi bagi anak, lansia tetep kita geriliya lagi kita cari lagi,” katanya, Selasa (4/01/2022).

Pihaknya juga menegaskan bahwa vaksin yang digunakan aman. Para lansia tidak perlu merasa takut, justru vaksinasi ini ditujukan untuk menjaga daya tubuh agar tidak tertular penyebaran virus covid-19.

Disamping itu, Andreas juga meminta agar anggota keluarga bisa mendukung dan membantu mengedukasi lansia agar mau divaksin. Sehingga, ketakutan untuk disuntik vaksin bisa diantisipasi secara maksimal.

“Rata rata sisa ini kan yang punya komorbid atau mungkin yang masih takut, jadi harus dijemput bola,” ujarnya.

Lebih lanjut, terkait antisipasi munculnya varian baru yaitu Omicron, Andreas mengaku tidak melakukan persiapan secara khusus. Kegiatan antisipasi dilakukan seperti biasanya. Mulai dari penyiagaan satgas di tingkat kecamatan maupun di desa. Termasuk di tingkat RT dan RW melalui jogo tonggo.

“seperti biasa karena kita sudah pengalaman di pandemi. Penanganan dari pandemi sudah ada protapnya, termasuk di RT/ Rw ada jogo tonggo,” tuturnya.

Untuk diketahui, penggenjotan vaksinasi di Kecamatan Jati dilakukan dengan melakukan kerjasama yang baik dari berbagai pihak. Baik dari desa, instansi kesehatan, maupun masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Jati yang menerjunkan TIM GILA (Gue Ingin Lansia Ampuh). Tim ini merupakan tim gabungan dari dokter, perawar, bidan, petugas surveilans dari Puskesmas Kecamatan Jati. Tim khusus untuk menyasar para lansia yang belum di vaksin di 8 desa wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Jati. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :