Wana Wisata Migas Kedungpupur, Sekjen Janjikan Rp1,5 Milyar

oleh -932 kali dibaca

Blora, isknews.com (Lintas Blora) – Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT),menjanjikan suntikan anggaran dalam upaya pengembangan kawasan wisata Kedungpupur di kawasan Hutan Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Jawa Tengah, sebesar Rp1,5 Milyar. Hal itu sebagai wujud dukungan dari pihak kementerian sebagai upaya mensejahterakan masyarakat melalui pengembangan potensi wisata.

Sekretaris Jenderal Kemendesa PDTT, Anwar Sanusi, menjelaskan, bahwa ada dua cara dukungan yang diberikan dalam pengembangan wisata tersebut. Yang pertama, dukungan yang sudah ada, yakni mengarahkan penggunaan Dana Desa (DD).

Sedangkan yang ke-dua adalah dukungan yang bersifat afirmatif. “Adalah dalam bentuk dukungan kepada Pemerintah Daerah, untuk mengembangkan wilayah ini dengan dana insentif dana Rp1,5 Milyar untuk pengembangan wisata di Desa Ledok ini,” kata Anwar Sanusi dalam kunjungan kerjanya di Wana Wisata Migas Kedungpupur, Desa Ledok Kecamatan sambong. Sabtu (20/5/2017).

Menurutnya, dana tersebut ada potensi penambahan. “Selain dari kementerian Pedesaan sendiri, nanti juga bisa melalui kementerian lain dalam rangka pengembangan wisata itu sendiri,” ujarnya.

Usai mengelilingi Wana Wisata Migas tersebut, Anwar Sanusi, menganggap sangat perlu dikembangkan wisata dalam bentuk ilmu pengetahuan. Menurutnya, Kalau dilihat dari sisi permintaan dan peluang sangat besar. Artinya, kata Anwar, menjadi bagian dari Desa Ledok terutama dalam pemberian pembelajaran lapangan.

“Utamanya bagi para siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara mengeksplorasi Minyak dan pertambangan lainnya. Dan itu bisa menambah kekayaan psikomotorik bagi para siswa, disamping kekayaan kognitif yang selama ini diperoleh dari meja sekolah,” kata dia.

Sementara, Arief Rohman, wakil Bupati Blora, menyatakan, bahwa anggaran tersebut bakal terealisasi tahun ini bersama dengan realisasi program Corporate Social Responsibelity (CSR) dari Pertamina EP Asset 4 Field Cepu sebesar Rp500 juta. “Kami berharap, manfaatnya nanti bisa kembali ke masyarakat dan untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (as)

KOMENTAR SEDULUR ISK :