Warga Keluhkan Polusi dari Cerobong Asap RSUD Kudus

oleh -3.064 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sejumlah warga Desa Ploso RT 3 RW 4, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus mendatangi RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus, Selasa (24/8/2021). Mereka mengeluhkan asap hitam yang keluar dari cerobong RSUD Kudus dengan membawa kertas bertuliskan “Bersihkan Udaramu, Polusi Bukan Bencana, Polusi itu Kejahatan”, ‘Selamat Datang Kampung Asap, Sudah Bertahun-tahun’, ‘Rakyat Butuh Udara Bersih’ dan ‘Warga Ambekane Sesak’

Ketua RT 3 RW 4, Desa Ploso, Sugiyanto mengatakan, warga telah terganggu dengan keberadaan kepulan yang keluar dari cerobong asap. Setidaknya sudah ada 5 hingga 10 tahun. Terkait Audiensi sudah pernah dilakukan, namun kata Sugiyanto, belum membuahkan hasil.

“Polusi yang ditimbulkan sangat mengganggu warga. Terutamanya asapnya hitam pekat mempengaruhi pakaian yang dijemur. Kemudian lantai rumah menjadi kotor dan warga mengalami sesak nafas,” ujarnya.

Sementara Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, Sugiarto mengatakan, ‎segera melakukan perbaikan terhadap mesin pengolahan limbah medis.

Ia mengingiknan warga turut mengawasi selama perbaikan. “Saat operasional, warga diharap ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Pihaknya juga mendatangkan dari CV Jappa ‎Indonesia untuk pemeliharaan. “Kita datangkan dari CV Jappa ‎Indonesia untuk pemeliharaan. Nanti kita akan perbaiki segera, selama itu mesin akan dimatikan,” terangnya.

Terpisah, ‎Owner CV Jappa Indonesia, Rezi Wirdiyatul Chandra mengatakan‎ munculnya asap hitam dari cerobong itu karena ada kerusakan pada bagian insinerator, yakni alat pembakaran limbah rumah tangga dan limbah medis dari rumah sakit. Sehingga asap yang keluar tidak sesuai dengan standar lingkungan.

Penggantian beberapa sparepart yang rusak juga segera dilakukan, Selain itu, idealnya servis rutin bisa dilakukan dua pekan hingga dua bulan sekali.

“Seharusnya memang perlu diservis rutin, dua pekan sekali dari operator, jangka beberapa bulan rutin dari teknisi,” bebernya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :