Warga Kudus Baca Ini, Traffic Light Dersalam Dari Arah Timur “Lurus Ikuti Lampu”

oleh -954 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Tingginya angka kecelakaan di pertigaan Dersalam atau yang biasa dikenal sebagai pertigaan prima, menjadikan pertigaan ini dilengkapi lampu pengatur arus lalu lintas (traffic light) pada beberapa waktu lalu agar para pengendara tak saling serobot memakai jalan.

image
Rambu bertuliskan "Lurus Ikuti Lampu" di traffic light Dersalam. Diharapkan dengan adanya rambu itu pengendara dari arah timur tidak lagi menerobos lampu merah

Namun seiring berjalannya waktu, masih banyak pengendara yang tetap saja melanggar lalu lintas. Terutama pengendara dari arah timur yang melaju kencang, meskipun lampu menyala merah tetap saja diterjang. Hal itu tentu bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya.

Salah seorang pengendara motor Saelan mengatakan, biasanya pengendara dari timur tetap jalan meskipun lampu merah, bahkan kalau yang dari arah utara hijau, katanya, tetap saja diterjang tanpa memperdulikan keselamatan masing-masing.

Menanggapi permasalahan tersebut Kasatlantas Polres Kudus melalui KBO Iptu Anwar mengimbau, kepada seluruh pengendara untuk mematuhi rambu-rambu yang sudah berlaku. “Itu demi keselamatan diri sendiri maupun pengendara lain,” katanya

Anwar mengungkapkan, kecelakaan yang sering terjadi di pertigaan prima (pertigaan Dersalam) selama ini rata-rata disebabkan akibat kurangnya kesadaran masyarakat mematuhi rambu lalu lintas. “Padahal adanya rambu-rambu itu difungsikan untuk membantu masyarakat, selain terhindar dari kemacetan juga untuk meminimalisir angka kecelakaan karena saling serobot jalan,” tuturnya.

Kesalahan yang selama ini terjadi, katanya, masyarakat mengira apabila melaju dari arah timur menuju ke arah barat itu jalan terus padahal sebenarnya tidak. Dulu sudah ditempel papan bertuliskan “lurus ikuti lampu”, namun sempat hilang akibat ulah tangan jahil.

“Saat ini rambu tersebut sudah ada lagi. Kami mengimbau kepada seluruh pengendara untuk mematuhi rambu itu, demi keselamatan bersama,” tegasnya. (HKR/MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :