Warga Mijen Kenalkan Seni Barongan ke Generasi Muda Melalui Kirab Budaya

oleh
Atraksi Kesenian Tradisional Barongan di Kirab Budaya Kaliwungu Kudus pada Kamis siang, 26 Juli 2018 menarik perhatian warga Kudus dan sekitarnya. (Aris Sofiyanto)

Kudus, ISKNEWS.COM –¬†Atraksi Kesenian Tradisional Barongan di Kirab Budaya Kaliwungu Kudus pada Kamis siang, 26 Juli 2018 menarik perhatian warga Kudus dan sekitarnya.

Selain atraksi kesenian barongan yang saat ini kurang diminati generasi milenial, juga ditampilkan aneka ragam pakaian nusantara menghiasi peserta dan membuat decak kagum bagi warga yang menonton. Hal itu terlihat masyarakat tidak mau kehilangan momen dengan kamera ponsel-nya.

Ratusan anggota kirab dikawal Drumb Band, dan Seni Barongan. Mereka (peserta kirab), berjalan menyusuri rute yang telah ditentukan panitia dengan menempuh jarak kurang lebih 1 Kilometer menuju finish.

TRENDING :  Khabsyin Yakini Tamzil Akan Mampu Jadikan Kudus Modern Religius dan Sejahtera

Kirab Budaya yang digelar tiap tahunnya itu mengambil start di Masjid Baitul Rahman dan Finish di lapangan Desa.

TRENDING :  Alasan, Mengapa Gang di Desa ini Diberi Nama Pewayangan
Atraksi Kesenian Tradisional Barongan di Kirab Budaya Kaliwungu Kudus pada Kamis siang, 26 Juli 2018 menarik perhatian warga Kudus dan sekitarnya. (Aris Sofiyanto)

Kepala Desa Mijen, Darsan berharap masyarakat Desa Mijen melestarikan budaya positif ini, agar tetap terjaga dan lestari sampai anak cucu, “Kegiatan ini jangan sebagai ceremonial saja namun dapat dihayati untuk mengenang budaya-budaya masa lalu,” katannya sebelum memberangkatkan peserta kirab.

Dikatakan Darsan, Hal itu sebagai upaya untuk mengenalkan seni Barongan kepada masyarakat terutama generasi muda saat ini, serta dengan tujuan melestarikan kesenian tradisional agar tidak punah.

TRENDING :  Tingkatkan Produktifitas Jagung Berkelanjutan dengan Metode PTT

Sejumlah kelompok dari mulai anak-anak hingga lanjut usia turut serta memeriahkan, diantaranya jajaran Perangkat Desa atau BPD Mijen, seluruh perwakilan RW, dan siswa siswi sekolah. “Semoga kegiatan ini semakin meriah setiap tahunnya,” harapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :