Wisuda Ke-25 UMKU, Rektor: Wisudawan Perlu Miliki Adversity Quontient

oleh -999 kali dibaca
701 mahasiswa UMKU hari ini diwisuda (YM/YM)

Kudus, isknews.com – Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) kembali menggelar wisuda ke-25 di Auditorium UMKU, Selasa (30/11/2021). Ada 850 mahasiswa yang mengikuti prosesi wisuda kali ini.

Antara lain, 701 Mahasiswa dari S1 Keperawatan, D3 Keperawatan dan Profesi Ners. Kemudian, 29 Mahasiswa dari Fakultas Kebidanan D3 Kebidanan. Serta, 120 mahasiswa dari Fakultas Farmasi S1 Farmasi.

Seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan wisuda tahun ini masih dilakukan secara daring via Zoom Meeting dan luring dengan metode drive-thru. Sedangkan, untuk prosesi wisuda yang dilakukan secara luring.

Sejumlah sistem protokol kesehatan dijalankan dengan ketat. Guna mengantisipasi penyebaran covid 19. Dimana, semua peserta luring yang akan hadir wajib mengenakan masker medis dan faceshield serta mencuci tangan sebelum masuk ke dalam area kampus.

UMKU juga telah menyiapkan tim panitia yang khusus bertugas untuk menjaga tidak timbulnya kerumunan dan mengingatkan peserta untuk saling menjaga jarak minimal 1 meter.

Rektor UMKU, Rusnoto, menyampaikan, Para wisudawan memerlukan satu kompetensi khusus untuk bertahan dan bersabar dalam perjuangan, yaitu Adversity Quotient (AQ).

Hal tersebut, yang kemudian dipahami sebagai kecerdasan menghadapi kesulitan atau hambatan, atau kemampuan bertahan dalam berbagai kesulitan hidup dan tantangan yang dialami.

“Seperti ungkapan dalam Bahasa Inggris if you do not create a change, the change will create you yang diterjemahkan sebagai jika anda tidak menciptakan perubahan maka perubahan yang akan menciptakan anda,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Rusnoto, instansi yang telah bekerjasama dengan UMKU berjumlah 14 Rumah Sakit.

Yaitu, Rumah Sakit Umum Aisyiyah Kudus, Rumah Sakit Islam Pati, Rumah Sakit Arafah Rembang, Rumah Sakit Sultan Hadlirin Jepara, RS Siti Khatijah Jepara, RS PKU Muhammadiyah Gubug, RS PKU Muhammadiyah Blora, RS PKU Muhammadiyah Cepu.

Lalu, RS Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah, RS Permata Bunda Grobogan, RSU Kumala Siwi Mijen, RS PKU Muhammadiyah Mayong, Rumah Sakit Islam Sunan Kudus, Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Demak.

“Ini sebagai salah satu pelayanan yang diberikan oleh UMKU kepada para alumni melalui pusat karir. Yakni, diselenggarakannya program internship (magang) bekerjasama dengan berbagai instansi baik negeri maupun swasta,” katanya.

Penyelenggaraan wisuda, UMKU senantiasa mengutamakan protokol kesehatan. Wisuda menggunakan protokol kesehatan. Rencananya, prosesi acara wisuda UMKU kali ini akan dihadiri oleh PP Muhammadiyah dan LLDIKTI.

Acara wisuda ini juga akan mengundang berbagai stakeholder,  di antaranya dari organisasi profesi kesehatan seperti PPNI, IBI dan PAFI. Turut juga mengundang tamu dari pemerintah, seperti Bupati Kudus Hartopo dan juga Camat Kota Kudus.

Selain itu, pada prosesi wisuda ini juga mengundang stakeholder dari rumah sakit, antara lain direktur dari RSU Kudus, RS Aisyiah Kudus, RS Jepara, RS Rehatta, RSI Pati, RS Perbun, RSU Pati, RS Mitra Bangsa, RS Sarila Sragen, RS Amal Sehat Sragen, RSI Rembang, dan RSUD Gemolong.

Untuk diketahui, Mulai bulan Oktober 2021, UMKU telah membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2022 untuk 20 program studi. Pendaftaran mahasiswa baru dapat dilakukan secara on site ataupun online di web https://pmb.umku.ac.id/ dengan fasilitas bebas biaya pendaftaran.

Ujian masuk dilakukan secara Computer based test (CBT) sehingga memungkinkan untuk dilakukan One Day Service (ODS). Penerimaan mahasiswa baru juga bisa dilakukan melalui jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) bagi siswa SMA. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.