Wow Harga Bawang Putih Nanjak Dua Kali Lipat

oleh -847 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Ibu-ibu rumah tangga harus kembali menarik nafas panjang. Pasalnya, harga kebutuhan dapur yakni bawang putih kembali meroket hingga dua kali lipat. Disinyalir, kenaikan terjadi akibat banyak petani bawang putih yang gagal panen.

Dari pantauan di lapangan, harga bawang putih yang sebelumnya dikisaran Rp 35 ribu perkilogram, nanjak hingga Rp 35 ribu perkilogram. Mirisnya, kenaikan terjadi secara mendadak sehingga, baik pembeli maupun pedagang mengeluhkan hal ini.

“Kenaikan kali ini tejadi secara tiba-tiba harganya tinggi pula. Kalau sebelumnya kan naiknya sedikit demi sedikit. Otomatis para pembeli banyak yang mengeluh, tapi gimana lagi harga dari sananya memang naik,” keluh Suprat, penjual bawang putih di Pasar Rogowangso, Jumat (12/05/2017).

Menurut pemasok, lanjutnya, kenaikan terjadi akibat menipisnya pasokan bawang putih dari para petani di sejumlah daerah. Disinyalir, banyak petani yang mengalami gagal panen.

“Dulu pernah naik, alasannya sama juga gagal panen. Tapi, tidak sampai semahal ini. Kalau dulu naiknya paling-paling Rp 2 ribu saja tidak lebih, jelas resah,” ungkapnya.

Suprat berharap, ada campur tangan pemerintah untuk menekan harga bawang putih di pasaran. Dengan begitu, kenaikan bisa diredam tidak langsung melonjak dua kali lipat seperti sekarang ini. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :