Yauma Irfan Berbagi Pengalaman saat Wakili Kudus Ikut Kapal Pemuda Nusantara di Pulau Nias

oleh -285 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Yauma Irfan, pemuda asal Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu berbagi pengalaman saat menjadi peserta Kapal Pemuda Nusantara “Sail Nias” yang dilaksanakan dari tanggal 30 Agustus – 22 September 2019 tahun lalu di pulau Nias Sumatera Utara.

“Selama di kapal, kami diberi pembekalan materi seperti wawasan kebangsaan dan wawasan nusantara. arti penting dari negara, itu menjadi kesan dan pengalaman materi yang paling berkesan,” kata Alumni SMP 2 Kaliwungu Kudus dan SMK Muhammadiyah Kudus itu.

Ia mengatakan, Indonesia yang terdiri dari 34 Provinsi, terdiri dari ribuan pulau mulai dari Sabang sampai Merauke. menurutnya, dan mengerti serta paham, bahwa Perbedaan yang menjadi satu kesatuan.

“Tidak memandang latar belakang, tidak memilih dari mana, suku apa, justru perbedaan itu di situ justru menjadi suatu hubungan yang harmonis akhirnya,” terangnya

Sementara Kepala Seksi Pembangunan Sumber Daya Pemuda Disdikpora Kudus Agus Subandi memberikan apresiasi atas kegigihan Yauma.

“Dari Kudus mengirimkan dua pemuda, satu putra satu putri. Kebetulan yang putri belum lolos, kita patut bersyukur ada wakil dari Kudus, Yauma Irfan,” jelas Agus kepada isknews.com

Yauma juga aktif dalam organisasi kepemudaan Karang Taruna Desa Mijen Kaliwungu Kudus. Ia telah berjuang bersaing dengan seleksi ketat dari perwakilan Kabupaten se Jawa Tengah.

“Keaktifan di masyarakat juga dirasa penting, seperti menjadi pengurus dalam kepemimpinan organisasi kepemudaan tingkat desa hingga Kabupaten, mempunyai jiwa sosial tinggi, dan juga fisik, baik tinggi badan maupun berat badan juga mempengaruhi. Tapi yang pasti, peserta diwajibkan bisa renang,” papar Agus. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :