Yayasan Kartini Indonesia Siap Dampingi Desa Susun Sejarah Lokal

oleh -1,288 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Karena sangat pentingnya sejarah lokal dalam pembangunan karakter dan budaya masyarakat. Yayasan Kartini Indonesia (YKI) siap mendampingi desa-desa di Jepara untuk menyusun babad desa serta pengembangan budaya yang bertumpu pada potensi yang dimiliki oleh desa.  Hal tersebut disampaikan oleh YKI Hadi Priyanto  dalam pertemuan penyusunan babad Desa Bulungan yang berlangsung Kamis (1/6/2017) malam di Balai Desa Bulungan.
Pertemuan yang digagas oleh Pemerintah Desa dan Lembaga Adat Bulungan ini dihadiri juga oleh tokoh masyarakat desa Bulungan. Juga pengurus YKI Iskak Wijaya dan Indria Mustika.

Menurut Hadi Priyanto, kearifan budaya lokal, termasuk babat desa ini penting untuk memberikan imbangan terhadap kemajuan fisik dan alat ukur ekonomi. “Jangan sampai kita hanya fokus pada kegiatan fisik dan ekonomi namun menelantarkan kearifan budaya. Padahal pembangunan dengan basis budaya akan lebih kuat dan lestari,” ungkap Hadi Priyanto.

Diungkapkan oleh Hadi Priyanto, YKI hadir bukan hanya untuk membumikan kembali semangat, cita cita dan gagasan RA Kartini dan Sosrokartono tetapi juga ingin bersama sama untuk mengembangkan budaya dan kearifan lokal di tiap desa.

Sementara itu menurut Ketua Lembaga Adat Desa Bulungan, Trisno keinginan untuk memiliki babad desa ini sudah sangat lama, mulai tahun 2002. Sebab menurut masyarakat  Bulungan, kehadiran desa ini telah dimulai pada abad ke VI, saat Ratu Shima mengunjungi desa ini.  Jejak sejarah Bulungan juga telah mulai ada pada masa Syeh Abdul Majid dalam melakukan syiar Islam dengan mendirikan perguruan Islam yang saat itu dinamakan Mbulan atau tempat bagi siapapun untuk mendapatkan penerangan.

Harapannya dengan keterlibatan YKI Ini babad desa Bulungan dapat segera diwujudkan. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Petinggi Bulungan. Nurbaidi.  “Melalui babad desa diharapkan generasi muda dapat belajar keteladanan dari para leluhurnya,” ujar Nurbaidi. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.