Yuk ke Museum Kretek Kudus, Ada Aplikasi Audio Tour Guide Yang Wajib Dicoba

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Inovasi terus dilakukan Museum Kretek Kudus dalam menggaet pengunjung, terutama di kalangan generasi milenial. Salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi berbasis aplikasi android.

“Simple saja, saat ini hampir sebagian besar masyarakat dari yang kecil hinggal orang tua mempunyai gadget, hal itulah alasan kami ingin kenalkan sejarah museum kretek melalui perangkat android yakni aplikasi audio tour guide,” ujar Kepala Pengelola Museum Kretek Kudus, Kasman saat dihubungi isknews.com Selasa (11/6/2019).

Pengelola museum berupaya untuk membuat wisatawan nyaman saat memahami sejarah setiap koleksi di museum. Pengunjung tinggal datang ke meja informasi, langsung dipersilahkan mengunduh aplikasi yang telah disediakan.

TRENDING :  TERNYATA NAMA “ PASAR PURI “ BULUNGCANGKRING BERASAL DARI “ MASPURI “
TRENDING :  Air Kedung Krobyokan Meningkat, Petani Desa Kirig Mulai Mengolah Sawah

Wisatawan tinggal memindai barcode yang dipasang di depan setiap koleksi. Ada sebanyak 10 titik barcode di ruang utama museum yang menjadi salah satu ikon wisata Kabupaten Kudus itu.

“Sejak dipasang setahun lalu, aplikasi ini telah diunduh oleh ribuan pengunjung. Jadi dengan mengunduh aplikasi ini, pengunjung serasa ditemani pemandu pribadi,” kata Kasman.

TRENDING :  PR Kecil di LIK : Aktif Setiap Hari, Produksi Berdasarkan Pesanan

Rencananya, lanjut Kasman, aplikasi tersebut akan dilaunching bulan depan, “Kami masih menyiapkan segala sesuatunya supaya lebih siap dalam menyambut wisatawan. Meski masa setahun merupakan trial atau percobaan, namun pengunjung sudah bisa mengunduh dan memakai langsung aplikasi tersebut,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :