Konon, Para Bidadari Pernah Mandi, Sendang Peninggalan Den Ayu Sunti di Percayai Bikin Awet Muda

oleh

Kudus isknews.com – Sendang Jodo berwujud mata air (sendang) yang memancarkan air tak henti-henti. Suasana di sekitarnya sangat kuyup hijaunya pepohonan, karena Sendang Jodo sesungguhnya masuk ke dalam wilayah lereng Gunung Muria.

Sendang Jodo dikeramatkan oleh masyarakat Dukuh Jambean Desa Purworejo Kecamatan Bae Kabupaten Kudus, lantaran dipercaya pernah menjadi tempat pemandian dan juga petilasan Den Ayu Sunti atau Den Ayu Tarwiyah yang konon katanya putri yang sangat cantik dari salah satu kerajaan, selain itu menurut cerita yang beredar sendang tersebut juga digunakan untuk mandi para Bidadari dari kayangan yang dipercaya oleh sebagian besar masyarakat pedesaan di Jawa memiliki kesaktian. Ketika Den Ayu Sunti mampir mandi beliau berpesan kepada warga sekitar Jambean dan anak cucunya supaya sendang itu dijaga dan dirawat karena kelak akan memberi keberkahan sembari berkata” Barang siapa yang kelak mandi disini, Awet muda, maka akan cepat jodohnya bagi yang belum menikah, tambah cantik bagi wanita, tambah tampan bagi lelaki, dan dimudahkan rizkinya”.

TRENDING :  Ingin Bernostalgia Makan Makanan Khas Kudus di Ibukota? Datang Saja Dan Catat Tanggalnya... GRATISSS!
TRENDING :  Perjalanan Sosrokartono Meraih Gelar Sarjana Pertama di Indonesia

Menurut keterangan kepala desa saat ditemui isknews.com (18/9) Noor Chamid, A.md mengatakan.”Dinamakan Sendang Jodo menurut cerita rakyat yang beredar, Ketika Den Ayu Sunti mampir mandi beliau berpesan kepada warga sekitar Jambean dan anak cucunya supaya sendang itu dijaga dan dirawat karena kelak akan memberi keberkahan sembari berkata” Barang siapa yang kelak mandi disini, Awet muda, maka akan cepat jodohnya bagi yang belum menikah, tambah cantik bagi wanita, tambah tampan bagi lelaki, dan dimudahkan rizkinya”.” tuturnya

TRENDING :  Pemdes Terban Siap Dukung Festival Patiayam

Foto : Saat Menguras Sendang Jodo Jumu’ah (18/09/2015)

‪#‎L_R‬/GP

KOMENTAR SEDULUR ISK :