Oknum Dishub Kudus Yang Terindikasi Lakukan Pungli Diberi Sanksi Tegas

oleh
Foto: Plt Kepala Dinas Perhubungan Kudus Sam’ani Intakoris saat melakukan inspeksi mendadak pada bagian uji KIR. (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sanksi tegas dijatuhkan kepada empat pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, yang terindikasi melakukan pungutan liar (pungli). Rinciannya, tiga pegawai yang bertugas sebagai koordinator parkir dan satu pegawai uji KIR.

Plt Kepala Dishub Kudus, Sam’ani Intakoris mengatakan, keempat pegawai tersebut telah mendapat sanksi tegas. Tiga orang yang ditengarai melakukan pungli parkir dimutasi ke instansi lain, sedangkan satu orang dijatuhi sanksi dipindah dari uji KIR namun tetap di lingkungan Dishub Kudus.

TRENDING :  Peringati Hari Pahlawan, Siswa TKIT Raudlatul Mu’minin Hadipolo Diajak Ziarah

Pungli yang ada di Dishub Kudus, kata Sam’ani, disinyalir sudah berlangsung sejak lama. Sebab selama dirinya menjabat sudah banyak masyrakat yang mengadu. ”Kami akui ada oknum yang bermain di Dishub Kudus. Hal itu harus kita berantas untuk mencegah kebocoran pendapatan daerah dan menjaga kehormatan dinas,” katanya, Selasa (20-03-2018).

Awal mula terbongkarnya pungli pada bagian uji KIR, saat pria yang juga menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus melakukan penyamaran. Penyamaran itu dilakukan bersama dengan seorang sopir mobil bak terbuka.

TRENDING :  Berbagi Dengan Warga Yang Membutuhkan

Kala itu, dirinya menyamar sebagai kernet dan ikut bersama sang sopir duduk di sebelah kiri mobil pada saat uji KIR, pada Kamis (15-03-2018) lalu. Diceritakan, dirinya hanya mengenakan sarung, bertopi, memakai kaos lusuh dan mengenakan kacamata yang membuat petugas KIR tak mengenalinya.

Ternyata, didapati pemberlakuan tarif di luar Perda yang berlaku yakni Rp 56 ribu. Padahal seharusnya dirinya hanya cukup membayar Rp 46 ribu saja. Dari situ dirinya kemudian melakukan evaluasi dan pemberian sanksi kepada petugas yang bersangkutan.

TRENDING :  Garin Nugroho : Kelemahan Pelaku Seni Pertunjukan Indonesia Adalah Pada Penyusunan Proposal Art Project

Dia berharap, kejadian semacam ini tidak lagi terjadi di lingkungan Dishhub Kudus. Dia meminta agar petugas bekerja ikhlas dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati. ”Apa tidak malu sudah menjadi PNS masih melakukan pungli.” pungkasnya. (MK/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :