Panwaslih Tertibkan APK Melanggar

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Jepara bersama Satpol PP melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara di sejumlah lokasi, Rabu (18/1/2017).

Ketua Panwas Jepara Arifin mengatakan, penertiban APK tersebut dilakukan, karena melebihi jumlah yang telah ditetapkan oleh KPU. Sehingga, Panwas harus bertindak untuk melakukan penertiban. “Untuk setiap pasangan calon, sebenarnya mendapatkan jatah baliho dari KPU sebanyak 5 buah. Tetapi, paslon boleh menambah sendiri, dengan jumlah paling banyak tujuh,” ujarnya.

Baca Juga :  DPT Pilkada Lapas Pati Bertambah

Yang terjadi saat ini, katanya, APK yang terpasang tersebut sudah melebihi batas yang ditentukan. Sehingga, hal tersebut harus dilakukan penertiban secara tegas. Untuk sementara, penertiban tersebut, katanya difokuskan di wilayah kota terlebih dahulu. Sebab, untuk wilayah kecamatan sudah ada Panwascam.

Lebih lanjut ia katakan, selain baliho, paslon juga diberikan kewenangan untuk menambah umbul-umbul sebanyak 30 buah di setiap kecamatan. Kemudian, untuk spanduk di setiap kelurahan atau desa, juga diberikan kewenangan untuk menambah maksimal 5 buah.

Baca Juga :  Demo Jepara : Penetapan Status Tersangka Bupati Marzuki Oleh Kejati Kental Nuansa Politis Jelang Pilkada

Sejauh ini, katanya, pihaknya telah melakukan penyisiran di delapan titik. Di antaranya di wilayah Jalan Bandengan, Ujung Batu, Jalan Wahid Hasyim dan Jalan Sosro Kartono.

Kemudian, terkait dengan baliho resmi dari KPU untuk paslon yang sudah terpasang, pihaknya mengaku belum menerima laporan dari KPU, di mana saja titik-titiknya. “Untuk baliho resminya yang dari KPU dan paslon, kita belum mendapatkan laporan dari KPU maupun paslon,” katanya. (ZA)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?