Sambut Nyepi, Umat Hindu Kudus Rayakan Melasti

oleh
Foto: Segenap umat hindu Kudus dan Jepara saat mengikuti prosesi perayaan melasti (istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Menyambut perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka ke 1940, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Kudus belum lama ini merayakan Melasti, di pantai Bandengan Jepara bersama umat Hindu di Jepara, pada Minggu (11-3-2018).

Bagi umat Hindu, Melasti merupakan upacara penyucian diri menyambut perayaan Hari Raya Nyepi.

TRENDING :  Berkah Tukang Parkir Makam Ploso"Slamet", Menjelang Ramadhan Tiba

Ritual tahunan itu, menurut Ketua PHDI Kudus, I Putu Dantra bertujuan membersihkan alam semesta (makrokosmos) dan diri (mikrokosmos) secara lahir batin. Harapannya agar menjadi pribadi yang mampu mengendalikan diri.

Upacara diawali dengan mengarak sesaji ke lokasi upacara, yakni di tepi pantai Bandengan. Selama upacara sembahyangan berlangsung, seluruh umat Hindu tampak khidmat menyanyikan kidung-kidung berlafal doa.

TRENDING :  Kurang Dari 24 Jam, Polsek Jati Bekuk Pelaku Pencurian di Rumah Kos

Selanjutnya, sesaji yang berupa hasil bumi seperti tumpeng dan hewan ternak, didoakan dalam prosesi sembahyangan sebelum akhirnya dilarung ke lepas pantai.

Sementara itu, Moh Rosyid, pegiat komunitas lintas agama dan kepercayaan pantura (Tali Akrap) berharap, agar umat Hindu mampu melaksanakan pesan Melasti yakni meninggalkan awidya (pemabuk), asmita (egois), raga (mengumbar nafsu), dwesa (pendendam), adhiniwesa (ketakutan, terutama takut mati), dan menjadi pelopor pelestari lingkungan alam dengan membangun spiritual diri.

TRENDING :  Meriah! KKMI Mejobo Sambut HSN Dengan Kirab dan Wisata Religi

“Potensi ini menjadi modal sosial dan spiritual menyongsong Hari Raya Nyepi dan menjadi umat yang tetap dicintai lingkungannya meski sebagai umat minoritas di Kudus.” tandasnya. (AJ/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :