5 Balon Kades Ikuti Pilkades AW Mijen

oleh -1,048 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sebanyak lima orang bakal calon (balon) kepala desa (kades), resmi mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) Antar Waktu (AW) Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Para balon kades itu adalah warga masyarakat yang telah mengambil formulir pendaftaran pilkades dan mengembalikan ke panitia pemilihan (panlih) setempat, sampai hari akhir masa pendaftaran, pada Sabtu (22/10).

Ketua Panlih Pilkades AW Desa Mijen, Fatkhul Hidayat, yang dihubungi isknews.com, Senin (24/10), mengatakan hal itu. Menurut dia, pada tahapan masa pendaftaran pilkades selama 17  hari (6 – 22 Oktober 2016), tercatat sebanyak lima orang warga masyarakat yang telah mengambil formulir pendaftaran. “Dan sampai dengan batas waktu pendaftaran, yakni, Sabtu (22/10),  lima orang itu pulalah yang mengembalikan formulir dan mendaftarkan diri menjadi peserta kades. Tidak ada tambahan.”

Kerena sudah resmi mendaftar, ungkapnya lanjut, panitia pun menetapkan kelimanya sebagai bakal calon (balon) kades. Mereka adalah . Kamal Mustofa, warga RT-02/RW-07, serta Darsan, warga Dukuh Demangan, Mbarsidi, tokoh LSM asal Mijen yang dikenal dan Populer sebagai aktifis Demokrasi, (RT-02/RW-03), Singgih Wahyu Jatmiko, tokoh masyartakat (RT-03/RW-04) dan Feri Diana Fais, Ketua RT-08/RW-01.  Meskipun sudah resmi sebagai balon kades, namun mereka masih diharuskan melengkapi administrasi, waktu yang diberikan oleh panitia, selama satu pekan. “Bersamaan dengan itu, panitia meminta tanggapan dan masukan dari warga masyarakat, terkait penetapan para balon kades oleh panlih itu.”

Dia menjelaskan, lain dengan pilkades biasa, dalam Pilkades AW, balon tidak diwajibkan membuat visi misi. Selain itu juga tidak ada undian nomer urut, tidak ada pemasangan gambar balon kades, juga tidak ada kampanye.  Pelaksanaan Pilkades dilakukan dalam musyawarah desa (musdes) oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) selaku penanggungjawab dan penyelenggara Pilkades AW itu. “Jika ternyata tidak ada tanggapan dari masyarakat yang berarti tidak ada masalah dan para balon itu lolos seleksi adminstrasi, akan dilanjutkan dengan penetapan calon kades.” (DM)

 

 

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :