Aisyiyah Kudus Akan Segera Bangun RS Tipe B-10 Lantai, Proyeksi Fakultas Kedokteran UMKU

oleh -2.852 kali dibaca
Gambar rencana Rumah Sakit Sarkies Aisyiyah Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Pimpinan Daerah Aisyiyah(PDA) Kabupaten Kudus, badan otonom Muhammadiyah, akan segera merealisasikan pembangunan rumah sakit dengan desain terbaru Patient Safety Center di Jalan Kudus – Jepara turut Desa Purwosari, Kecamatan Kota Kudus. Standar desain ini bercermin dari kejadian pandemi covid-19 yang menyerang dunia global. Aset Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) ini bernama Rumah Sakit Sarkies Aisyiyah Kudus. Sarkies merupakan nama dari ibunda pewakif tanah yakni keluarga H Saifullah.

Peletakan batu pertama secara simbolis telah dilakukan oleh Bupati Kudus HM Hartopo diatas lahan seluas 9.700 meter persegi di Kelurahan Purwosari KM 1 Jalan Kudus-Jepara sebelah barat Pasar Jember ini, Rabu (28/7/2021).

Menurut ketua panitia pembangunan RS Sarkies Aisyiyah, dr Hilal Aryadi, Rumah sakit baru ini direncanakan akan dibangun 10 lantai dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 250 tempat tidur dengan target jangka panjang sebagai rumah sakit tipe B. Menjalin kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) dan diproyeksikan pada masa mendatang sebagai Laboratorium pendidikan Fakultas Kedokteran kampus tersebut.

“Ya kami mendesain rumah sakit ini itu RS yang Patient Safety Center, standar rumah sakit internasional yang disesuaikan kondisi masa pandemik, dimana tersedia jalur masuk secara terpisah untuk pasien infeksius dan non-infeksius,” jelas dr Hilal Aryadi yang juga Direktur RS Aisyiyah Kudus.

Dengan begitu ujar dia, tidak ada kekhawatiran untuk keselamatan pasien umum di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, Menurutnya ini merupakan desain terbaru dari komite keselamatan rumah sakit disini.

“Selain itu akan menjadi RS Pendidikan, sekaligus sebagai jejaring perguruan tinggi Muhammadiyah yang memiliki fakultas kedokteran. Untuk bangunan awal, nantinya akan berdiri bangunan dengan enam lantai, sedangkan master plan selanjutnya hingga 10 lantai dengan kapasitas tempat tidur 250, yang kami atur pembedaan jalur antara infeksius dan non infeksius sehingga dapat dipastikan keamananya,” tandasnya.

Untuk keunggulan RS Sarkies, lanjut Hilal, rumah sakit ini aman dalam pelayanan menangani pandemi ini.

“Karena sekarang ini trennya banyak yang takut ke rumah sakit karena apabila takut terpapar. Apabila ada pasien yang positif masuk di koridor yang sama, kita buat dengan jalur yang berbeda,” tandas Hilal yang juga menjabat sebagai Direktur RS Aisyiyah Kudus.

Bupati Kudus HM Hartopo saat melakukan Ground Breaking pembangunan RS Sarkies Aisyiyah Kudus (Foto: YM)

Hilal menjelaskan, pembangunan RS ini menggunakan anggaran swakelola dari masyarakat maupun sinergi dari lembaga pendidikan amal usaha Muhammadiyah.

“Anggarnya ini belum bisa kita prediksi. Karena masih kita hitung RAP-ny. Sumber dana masyarakat maupun dari amal usaha jejaring perguruan tinggi Muhammadiyah, maupun amal usaha kesehatan Muhammadiyah,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Kudus HM Hartopo mengucapkan selamat serta apresiasi atas pembangunan RS Sarkies.

“Atas nama pemkab Kudus dan pribadi saya ucapkan selamat sekaligus apresiasi atas dimulainya pembangunan gedung rumah sakit ini,” ucapnya.

Hartopo mengatakan bahwa pembangunan gedung rumah sakit Sarkies Aisiyah ini merupakan wujud sinergi antara pemkab kudus dan pihak terkait dalam upaya pemenuhan kebutuhan fasilitas kesehatan di kabupaten Kudus.

“Pembangunan gedung rumah sakit ini merupakan wujud sinergi antara pemkab Kudus dengan pihak RS Aisiyah Kudus dan Umku dalam pemenuhan fasilitas kesehatan di kabupaten Kudus,” terangnya.

Pihaknya berharap kehadiran rumah sakit yang memadahi di Kudus menjadi hal penting untuk menghadirkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Untuk itu, rumah sakit yang ada di kabupaten Kudus diharap dapat saling bersinergi dalam menghadirkan pelayanan kesehatan, karena ini merupakan upaya pemkab kudus dalam pemenuhan fasilitas kesehatan bagi masyarakatnya,” ujarnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.