Banyak CJH Pati Mengidap Penyakit Resiko Tinggi

oleh -692 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) -Tim Kesehatan Calon Jamaah Haji (CJH) sebut CJH asal Pati banyak yang mengidap penyakit resiko tinggi. Seperti hipertensi, riwayat penyakit jantung.

“Dari hasil pemeriksaan sebanyak 1.665 orang CJH. Kami banyak menemukan CJH yang masuk kategori penyakit resiko tinggi,” beber Ketua tim kesehatan CJH, Joko Susilo, Kamis (20/07/2017).

Tidak hanya itu, tim kesehatan juga menemukan tiga orang yang menderita penyakit gagal ginjal. Dan terancam tidak dapat menunaikan ibadah ketanah suci.

“Akan tetapi melihat semangat CJH yang gagal ginjal itu. Kami akan mengusahakan agar tiga orang itu, bisa berangkat dengan syarat didamping oleh keluarga serta tim kesehatan,” ungkapnya.

Lanjut Joko, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu mereka. Pasalnya, mereka telah mengantre hingga enam tahun untuk menjadi CHJ.

“Kami berharap dari pemeriksaan nanti di provinsi maupun pusat bisa meloloskan, jika tidak tim kesehatan sudah berusaha semaksimal mungkin. Terus terang untuk antrian CJH reguler itu butuh waktu enam tahun,” tuturnya.

Imbuhnya, pendampingan CJH yang terdeteksi penyakit resiko tinggi tersebut, akan didampingi perawat maupun bidan yang sudah di persiapkan.

“Pemerintah daerah dan pusat telah menyediakan tim medis. Setiap daerah dipastikan sudah menganggarkan petugas tim kesehatan masing-masing,” tuturnya.(Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.