Berkah Idul Fitri, 86 Warga Binaan Rutan Kudus Terima Remisi

oleh -89 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sebanyak 86 orang warga binaan yang berada di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kudus, Provinsi Jawa Tengah mendapatkan remisi khusus Idul Fitri 1443 H/2022 M.

Kepala Rutan Kelas IIB Kudus, Suprihadi mengatakan bahwa remisi di momen Lebaran tersebut diberikan kepada 86 orang dengan total warga binaan pada saat ini yang mencapai 138 orang.

“Pada remisi khusus kali ini, sebanyak 86 orang warga binaan mendapatkan hak remisi. Tentu kita berharap, dengan adanya pemberian hak berupa remisi dapat menjadi contoh bagi warga binaan lainnya untuk selalu berperilaku baik dan mengikuti program pembinaan agar turut mendapatkan hak-hak nya”, ungkap Suprihadi, Senin (1/5/2022).

Menurut dia, warga binaan yang mendapat remisi tersebut harus memenuhi persyaratan tertentu yang telah ditetapkan. Seperti berperilaku baik selama menjalani hukuman, memenuhi syarat administrasi vonis, dan juga bagi warga binaan dengan pidana umum setidaknya telah menjalani masa tahanan selama 6 bulan.

“Khusus untuk warga binaan dengan kasus narkotika, akan mendapat remisi jika sudah mendapat surat keterangan dari kepolisian dan kejaksaan sebagai justice collaborator,” ungkapnya.

Suprihadi menambahkan untuk momentum Idul Fitri di tahun ini, Rutan Kelas IIB Kudus belum dapat menyelenggarakan kunjungan langsung, dengan alasan kondisi dan situasi masih pandemi COVID-19 serta menunggu instruksi dari Kementerian.

“Untuk saat ini kegiatan membesuk secara langsung belum dapat dilaksanakan. Hanya saja kalau untuk menitipkan barang atau mengirimkan makanan kita fasilitasi melalui Unit Layanan Publik,” tuturnya.

Namun, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka pihaknya akan menyediakan layanan daring untuk memfasilitasi warga binaan di Rutan Kelas IIB Kudus agar dapat berkomunikasi melalui layanan wartel dan video call pada hari raya tahun ini. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :