Bimtek IKM Kementrian Perindustrian, Tumbuhkan Bibit-Bibit Pengusaha Kaya Ide

oleh -1,294 kali dibaca
Jpeg
Terlihat setelah upacara penutupan, para peserta pelatihan foto bersama Bapak Jeni dari kementrian perindustrian

Kudus, Isknews.com – Dalam rangka penumbuhan dan pengembangan Wirausaha Industri Kecil Menengah, Anggota Komisi VI DPR RI bersama Kementerian Perindustrian melalui Dirjen Industri Kecil dan Menengah melakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka penumbuhan dan pengembangan Wirausaha IKM di Hotel Griptha Kabupaten Kudus.

Kegiatan berlangsung dari 7-10 November 2016 itu dilakukan dengan total 40 peserta dan terbagai dari 2 kategori di antaranya IKM Konveksi untuk warga Kudus dan IKM Perbengkelan Roda Dua untuk warga Jepara.

Jeni Kasie Pemberdayaan Industri Sub.dit IKM, Sandang dan Kulit Kementrian Perindustrian Republik Indonesia kepada Isknews.com menjelaskan bahwa Bimbingan teknis ini dirancang lebih aplikatif, seperti halnya kanvas bisnis model, karena tersebut merupakan alat untuk memulai sebuah usaha.

Jeni melanjutkan, para peserta nanti bisa bertukar informasi dan pengalaman selama pelatihan berlangsung, karena Bimtek IKM berlangsung 30 persen  teori dan 70 persen praktek, dan bisa disambungkan dengan pengalaman hang sudah dilakukan di rumah masing-masing.

“Dibimbing orang yang berpengalaman dan berpendidikan doktor, S2 dan praktisi di bidangnya dari esa managemen center Universitas Esa Unggul Jakarta, dihari pertama dilaksanakan tentang motivasi usaha, juga kita mengajarkan bisnis plan dengan kanvas bisnis model, pada hari kedua diajarkan pemasaran online, di lanjutkan dihari ketiga tentang pembukuan usaha, dan terakhir hari ke empat diajarkan teknik produksi usaha bengkel maupun konveksi industri, praktek workshop sekaligus penutupan.”terangnya.

Jeni berharap dari pelatihan IKM Wirausaha Baru ini, banyak tumbuh bibit usaha dengan ide-ide baru di Kabupaten Kudus dan Jepara, agar SDM nya menjadi meningkat dan Kabupaten Kudus lebih maju dan Ekonomi Bapak/Ibuku dan saudara (para peserta) lebih sejahtera.”Pungkasnya (AS)

KOMENTAR SEDULUR ISK :