,

BPR Mitra Budikusuma Mandiri Kudus Gelar Literasi dan Edukasi Keuangan di Sekolah

oleh -808 kali dibaca

Kudus, isknews.com – PT Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Mitra Budikusuma Mandiri Kudus menggelar kegiatan literasi dan edukasi keuangan menyasar untuk pelajar, kali ini menyambangi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Masehi Kudus.

Siswa-siswi diberi informasi dasar tentang dunia perbankan khususnya BPR dan pentingnya mengelola keuangan dengan cara menabung sejak dini.

Direktur Utama BPR Mitra BudiKusuma Mandiri Kudus, Anita Adelina mengatakan tujuan kegiatan literasi yang menyasar pelajar ini selain mengenalkan bank BPR adalah untuk menanamkan kebiasaan menabung sejak dini.

Kegiatan literasi ini juga sesuai regulasi OJK dimana mengharuskan BPR gelar edukasi dan literasi minimal dua kali dalam satu tahun

“Kegiatan ini memang rutin diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setiap semester satu kali atau setahun dua kali, menyasarnya bisa ke sekolah, pasar atau lainnya. Tujuannya untuk memberikan edukasi dan melek literasi keuangan kepada masyarakat secara umum dalam hal ini pelajar dalam mengatur keuangan sejak dini dan secara mandiri,” terangnya kepada iskinews.com

Kebiasaan tersebut menurutnya harus dimulai dari usia mereka (pelajar). Siswa-siswi dalam sosialisasi kali ini juga diberi pemahaman jika menabung adalah salah satu cara mengelola keuangan untuk mendukung rencana masa depan.

“Sehingga dengan mereka mengerti cara mengatur keuangan dengan menabung sejak dini itu bisa mempersiapkan masa depan yang cerah, kemudian menjadi insan-insan yang tidak boros, tangguh dalam menghadapi kondisi,” tandasnya.

Selain itu, pelajar juga diberi pemahaman mengenai perbedaan mana barang yang termasuk kebutuhan dan mana yang termasuk keinginan, Sehingga kebutuhan dan keinginan merupakan dua hal yang berbeda.

“Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap suatu barang dan jasa yang harus dipenuhi guna mempertahankan kehidupannya. Sementara keinginan adalah sesuatu hal yang ingin kita miliki, tetapi apabila tidak berhasil mendapatkannya maka tidak akan berpengaruh besar pada kelangsungan hidup,” jelasnya.

Alasan diadakan kegiatan edukasi yang menyasar pelajar, lanjut Anita Adelina, karena pelajar miliki ingatan yang lebih tajam sehingga edukasi yang diberikan bisa diingat dan bermanfaat sampai mereka dewasa. Selain itu pelajar juga dinilai masih awam tentang bank BPR.

“Anak-anak di tingkat pelajar umumnya belum banyak yang kenal BPR sehingga perlu edukasi tentang apa itu bank BPR dan fungsinya,” ujar Anita Adelina.

Dirinya sangat mengapresiasi antusiasmenya, menurutnya pelajar di SMP Masehi Kudus begitu merespon materi edukasi yang diberikan. Terbukti setiap pertanyaan yang dilontarkan mampu dijawab dengan benar.

“Pelajar sangat cerdas dan mampu mengingat informasi yang diberikan. Kami juga memberikan kuis berhadiah dengan memberikan pertanyaan seputar BPR dan literasi keuangan yang sebelumnya telah dipaparkan,” terangnya.

Sementara itu, Apresiasi yang tinggi juga diberikan oleh Kepala SMP Masehi Kudus. Kepala SMP Masehi Margareta Hani Pramono mengatakan sangat berterima kasih karena pihak BPR Mitra Budikusuma Mandiri Kudus telah memberikan literasi dan edukasi keuangan terhadap anak didiknya (dari kelas VII, VIII dan IX) yang berjumlah 249 siswa.

“Kami sangat berterima kasih dengan kegiatan ini anak-anak jadi tahu apa itu bank khususnya BPR serta literasi keuangan. Kini mereka mengetahui jika lembaga keuangan bukan hanya koperasi tapi juga ada BPR yang fungsinya kurang lebih sama,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta literasi keuangan, Olive kelas VIII B mengaku sosialisasi ini sangat bermanfaat, “Selain bermanfaat, wawasan kami juga bertambah, minimal bisa mengatur keuangan yang baik dan pentingnya menabung untuk masa depan,” katanya.

Diketahui, PT BPR Mitra Budikusuma Mandiri Kudus berlokasi di Jalan Raya Kudus-Colo KM 3 , Bae Kudus (Kantor Pusat) dan di Jalan Raya Kudus-Jepara Jetak Kudus (Kantor KAS).

Dimana BPR tersebut melayani solusi modal usaha, Kredit Sertifikasi, Tabungan Hari Raya dan lainnya. Terpenting, BPR Mitra Budikusuma Mandiri Kudus telah diawasi OJK dan dijamin oleh LPS (lembaga penjamin simpanan). (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :