BPS Kudus Target 27 Persen Warga Ikut Sensus Online

oleh -150 kali dibaca
Rahmadi Agus Santosa, Kepala Kantor BPS Kabupaten Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kudus menargetkan sedikitnya 27 persen warganya untuk mengikuti Sensus Penduduk Online (SPO) yang berlangsung 15 Februari sampai 31 Maret 2020.
 
“Kalau target sensus penduduk secara umum jelas 100 persen, tapi untuk yang secara online 27 persen,” kata Kepala Kantor BPS Kudus, Rahmadi Agus Santosa, Kamis (20/2/2020).

Terkait hal itu, pihaknya membutuhkan petugas sebanyak 1.190 orang. Mereka bertugas pada bulan Juli mendatang selama satu bulan penuh. Dimana satu petugas mengampu 3 – 5 RT disetiap desa. Perekrutan petugas di lapangan akan dimulai pada awal April – Mei, yang selanjutnya pelatihan bagi mereka yang diterima akan berlangsung selama dua hari di bulan Juni.

“Di lapangan, petugas sensus dibekali tanda pengenal resmi serta membawa data yang dikirim dari pusat. Masyarakat yang sudah terdata melalui online akan tetap didata untuk dicek kembali,” terangnya.

Dalam melaksanakan tugas, petugas sensus akan berkoordinasi dengan ketua RT setempat untuk memastikan nama – nama warga yang dibawa berdomisili diwilayah RT itu. Setelah itu, dikemudian hari petugas sensus dapat langsung melakukan pendataan sendiri. “Dalam perekrutan petugas SP lapangan ini yang diutamakan adalah warga desa setempat. Ini bertujuan untuk mempermudah pendataan serta sudah mengenal wilayah desa itu,’ jelasnya.

Beberapa hari, pihaknya berkoordinasi dengan sembilan kecamatan, muspika serta para kades. Ia mengakui beberapa kendala masih sulit merealisasikan target tersebut. Beberapa kendala yang mungkin dihadapi oleh masyarakat adalah ketika mereka mengisi sendiri SPO, ada kemungkinan salah memasukkan data dan lainnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :