Cegah Penyebaran COVID-19, Pemkab Kudus Gelar Rapid Test Antigen Acak

oleh -628 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Mencegah penyebaran COVID-19,Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menggelar rapid test antigen secara acak.

termasuk terhadap pelajar yang mengikuti kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah sebagai langkah mencegah penyebaran virus corona.

“Dalam rangka antisipasi klaster penyebaran COVID-19 dilakukan tes swab antigen secara acak, terutama lingkungan sekolah yang mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo di Kudus, Senin (27/9/2021).

Hal itu dilakukan terkait ada tidaknya klaster di dalam jangkauan tetap dievaluasi “Untuk mencari kepastian dilakukan tes swab antigen atau tes swab PCR secara acak sebesar 10 persen dari jumlah penduduk,” jelasnya.

Jika ada temuan kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19, penelusuran kontak erat (tracing) hingga pemeriksaan dini (testing) dilakukan

“Tindakan petugas tersebut juga dalam rangka penegasan epidemiologi dengan berdasarkan sampel secara random atau acak. Ketika tidak ditemukan berarti kondisinya baik-baik saja,” ujarnya.


Sementara itu, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) sangat mendukung dalam kegiatan tersebut. Ia membenarkan jika sebelumnya ada tes swab antigen terhadap siswa dan guru di sekolah yang ada di Kecamatan Bae.

“Hasilnya dari tes antigen negative semua,” jelasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :