Disbudpar Kudus Cek Penerapan Prokes di Objek Wisata, Hotel dan Restoran

oleh
Pamantauan prokes di Hotel Abas Kudus. Foto: Dokumentasi Disbudpar Kudus

Kudus, isknews.com – Untuk menciptakan rasa aman dan nyaman pada wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus lakukan sampling monitoring penerapan protokol kesehatan (prokes) selama adaptasi kebiasaan baru (AKB).

“Ada 222 tempat kegiatan kepariwisataan se Kabupaten Kudus dan yang kami sampling untuk dimonitoring sebanyak 122 lokasi. Hal ini tidak menutup kemungkinan akan bertambah,” jelas Kepala Disbudpar Kudus Bergas Catursari Penanggungan melalui Kabid Pariwisata , Mutrikah kepada isknews.com Selasa (15/12/2020).

Selain itu, dalam menyambut libur natal dan tahun baru (Nataru), pihaknya juga membentuk 5 tim yang masing-masing bertanggung jawab dalam pemantauan prokes, Koordinator tim terdiri dari 1. Kasi Destinasi Wisata, 2. Kasi Promosi Wisata, 3. Ka. UPT Pengelola Obyek Wisata, 4. Koordinator Portal I Obyek Wisata Colo 5. Koordinator Portal II Obyek Wisata Colo.

Tika, sapaan akrabnya meminta para pengelola objek wisata, hotel dan restoran perlu lebih adaptif di masa pandemi Covid-19 ini. Sehingga pemulihan ekonomi serta penanganan kesehatan dapat berjalan seimbang.

“Harus diperlihatkan, kalau sudah aman untuk wisatawan, tentunya dengan program CHSE yakni clean, healthy, safety dan Environmental Sustainability. Kita harus umumkan juga kalau Kudus sekarang lebih adaptif,” kata Tika.

Ia berharap di masa pandemi ini jangan sampai sektor pariwisata menjadi semakin terpuruk. Pasalnya, kata Tika, selama beberapa kali adanya libur panjang, peningkatan pariwisata mulai nampak berbuah positif. “Potensinya mulai kelihatan lagi saat libur panjang kemarin,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :