Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Desa di 4 Kecamatan Tergenang Air

oleh -6 views
Suasana jalan yang tergenang air di wilayah Kecamatan Mejobo, Kudus akibat curah hujan tinggi (Foto: YM)

Kudus,isknews.com- Sejumlah desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Mejobo, Jati, Jekulo dan Kaliwungu Kabupaten Kudus, hari ini terendam banjir. Hal itu disebabkan curah hujan yang mengguyur Kota Kretek dengan intensitas tinggi, sejak Senin (18/1) malam lusa kemarin.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Budi Waluyo mengatakan, akibat curah hujan tersebut empat desa di wilayah Kecamatan Mejobo yakni Desa Temulus, Mejobo, Kesambi dan Golantepus terendam banjir. Terutama akses jalan menuju pemukiman warga.

‘’Genangan itu akibat debit air sungai meningkat, kemudian limpas ke jalan,’’ ujar Budi.

Wilayah lain yang terendam banjir, lanjut Budi, yakni Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu, Desa Tanjungkarang Kecamatan Jati, dan Desa Bulungkulon Kecamatan Jekulo.

Sejak Senin malam, Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penangan genangan tersebut, mulai dari BBWS, PSDA Provinsi Jateng, Dinas PUPR Kudus, Pemerintah Kecamatan serta jajaran TNI-Polri.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengaku sudah menyiapkan logistik maupun alat mitigasi bencana yang diperlukan, sebagai antisipasi terjadinya bencana banjir yang lebih luas. Namun Budi memastikan jika curah hujan di wilayah Kudus bagian atas (hulu) sudah reda, genangan yang ada di wilayah Kudus bagian bawah (hilir) akan cepat surut.

‘’Tetapi saya himbau kepada pemangku wilayah, agar tetap menyiapkan tempat pengungsian,’’ ujarnya.

Guna meminimalisir terjadinya banjir di wilayah Kudus, Budi berharap BBWS maupun instansi terkait, segera merealisasikan kegiatan normalisasi sungai yang ada di Kabupaten Kudus. Sehingga jika turun hujan dengan intensitas tinggi seperti saat ini, sungai-sungai tersebut mampu menampung semua debit air.

‘’Penguatan tanggul juga diperlukan, sebab beberapa titik tanggul sudah bocor,’’ ujarnya.

Sementara Camat Mejobo, Muhammad Fitriyanto mengatakan, berdasarkan hasil pantauan di lapangan, desa di Kecamatan Mejobo yang terendam banjir adalah di Desa Kesambi, Mejobo, Temulus dan Golantepus. Di Desa Kesambi, akses jalan menuju pemukiman terendam air setinggi 10-20 sentimeter, dan akses jalan menuju pemukiman di Desa Temulus terendam setinggi 30-50 sentimeter.

‘’Kalau hari ini hujannya sudah reda, genangan tersebut bisa cepat surut,’’ katanya.

Pihaknya juga mendorong BBWS maupun instansi terkait, untuk segera melakukan normalisasi Sungai Piji dan Dawe. Sebab jika turun hujan dengan intensitas tinggi, air didua sungai tersebut selalu limpas dan menggenangi akses jalan hingga setinggi 30-60 sentimeter.

‘’Tanggul yang dilalui dua sungai tersebut, kondisinya juga sudah mengkhawatirkan dan perlu dilakukan penanganan segera,’’ imbuhnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :